Rabu 21 Feb 2024 06:58 WIB

Bukan Cuma Harta dan Materi, Hal Berikut ini Juga Termasuk Rezeki

Rezeki itu kuasa Allah.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Erdy Nasrul
 Pekerja melipat surat suara dari pagi hingga sore demi mencari rezeki dan mengisi waktu luang.
Foto: Republika/Prayogi
Pekerja melipat surat suara dari pagi hingga sore demi mencari rezeki dan mengisi waktu luang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Siapa yang tidak menginginkan dilimpahkan rezeki dalam kehidupannya? Mayoritas orang menginginkan itu. Oleh karena itu, banyak yang bekerja keras agar mendapatkan harta melimpah. Walaupun sejatinya rezeki bukan sekadar uang dan harta, melainkan juga kesehatan.

Banyak ayat al-Quran yang berbicara tentang rezeki. Seperti dalam Surah Hud ayat 6:

Baca Juga

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Wa mā min dābbatin fil-arḍi illā ‘alallāhi rizquhā wa ya‘lamu mustaqarrahā wa mustauda‘ahā, kullun fī kitābim mubīn(in).

Artinya: "Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauhulmahfuz)."

Tafsir tahlili dalam Quran Kemenag menjelaskan ayat tersebut menyatakan bahwa Allah menjamin binatang yang hidup di bumi dijamin rezekinya. Dan Allah telah menjamin rezeki serta telah tercatat di Lauh Mahfuz. Ayat ini juga menunjukkan jaminan rezeki dari Allah kepada seluruh makhluk di bumi.

Ayat al-Quran lainnya tentang rezeki adalah pada Surah at-Talaq ayat 3:

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa yarzuqhu min ḥaiṡu lā yaḥtasib(u), wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh(ū), innallāha bāligu amrih(ī), qad ja‘alallāhu likulli syai'in qadrā(n).

Artinya: "dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu."

Ayat ini menurut tafsir ringkas kemenag, Allah akan memberikan rezeki yang tidak bisa terduga-duga bagi makhluknya. Allah menjamin kebutuhan fisik maupun ruhani. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement