Selasa 20 Feb 2024 14:21 WIB

Jangan Bermain-main Pada Bulan Ramadhan

Allah SWT menyiapkan sesuatu bagi orang-orang yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh
Foto: www.freepik.com
Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penting bagi setiap umat muslim untuk mencari pahala yang berlimpah. Bulan yang penuh kesempatan untuk mencari berkah bagi setiap ibadah yang dilakukan. Allah memberi peringatan untuk tidak bermain-main dalam beribadah pada bulan Ramadhan.

“Maka Allah memberikan pesan kepadanya, juga pada setiap muslim beriman yang hendak berpuasa agar tidak main-main dan menganggap ringan kesempatan Ramadhan yang Allah berikan pada hidupnya, karena belum tentu nikmat itu akan diterima oleh setiap hamba atau mungkin bisa berulang dikesempatan berikutnya,” kata Ustadz Adi Hidayat dikutip dari akun Youtube Pribadinya, Adi Hidayat Official, Selasa (20/02/2024).

Baca Juga

Bulan Ramadhan juga bulan yang sangat dinantikan para sahabat Nabi Muhammad SAW, bahkan ketika bulan Ramadhan telah usai banyak di antara mereka mengalirkan air matanya. Berharap bulan yang penuh rahmat ini datang setiap hari. Karena mereka paham, bahwa belum tentu tahun depan dapat berjumpa dengan bulan yang suci tersebut. Maka ketika mereka bertemu bulan Ramadhan, mereka sangat serius menjalankan amalan-amalan ibadah secara maksimal.

Dalam sebuah Riwayat Ibnu Abbas berkata: “Saya belum pernah melihat Nabi (Muhammad) semulia ini dalam beribadahnya, selembut ini dalam shadaqahnya, sebanyak ini dalam pemberiannya kecuali saat Ramadhan. Sampai angin yang berhembus pun kalah amalannya oleh Nabi (Muhammad)”

Ketika Nabi Muhammad SAW sangat serius dalam beribadah pada bulan Ramadhan, para pengikutnya pun lebih serius untuk beribadah. Karena mereka berpikir orang yang telah dijanjikan surga oleh Allah SWT saja begitu serius, bagaimana manusia biasa yang belum tentu diizinkan masuk dalam surganya Allah SWT.

Allah SWT menyiapkan sesuatu bagi orang-orang yang menunaikan ibadah puasa dan meningkatkan taqwanya seperti yang dijelaskan pada Surat Ali Imran ayat 133:

وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Artinya: "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa" 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement