Selasa 20 Feb 2024 06:15 WIB

Member BTS Berulang Tahun, Ini Penjelasan Alquran dan Hadits Tentang Perayaan Ultah

Ulang tahun merupakan upaya bermuhasabah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi merayakan ulang tahun.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi merayakan ulang tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan ulang tahun (ultah) sudah menjadi semacam tradisi di kalangan masyarakat Indonesia dan dikenal luas di berbagai belahan dunia. Kalangan artis nasional maupun internasional juga kerap merayakan Hari Ulang Tahun serta saling memberikan ucapan selamat.

Yang terbaru, penyanyi dan anggota grup BTS asal Korea Selatan, Kim Seok-jin atau lebih dikenal dengan mononimnya Jin, mengucapkan selamat ulang tahun pada temannya, J-Hope. Member BTS ini berulang tahun ke-30 pada Ahad (18/2/2024) kemarin. 

Baca Juga

Lalu, bagaimana penjelasan Alquran dan Hadits tentang perayaan ulang tahun ini? 

Para ulama berbeda pendapat tentang hukum merayakan Hari Ulang Tahun ini. Ulama yang membolehkan menggunakan dalil Alquran, di antaranya adalah firman Allah SWT sebagai berikut:

 

وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا

Artinya: "Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari kelahiranku, hari wafatku, dan hari aku dibangkitkan hidup (kembali).”(QS Maryam [19]:33)

Dalam ayat ini Nabi Isa As berdoa agar diberikan limpahan kesejahteraan pada hari kelahiran, hari wafat, dan hari kebangkitannya kembali. Jadi, merayakan hari ulang tahun diperbolehkan, dengan syarat tidak mengandung perbuatan yang diharamkan. Perayaannya hendaknya disertai lantunan doa agar orang yang berulang tahun diberikan umur panjang dan limpahan kesejahteraan. 

Ulama yang membolehkan perayaan ulang tahum juga menggunakan dalil hadits berikut: 

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ: «ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ»

Artinya: "Dari Abi Qatadah al-Anshari Ra, bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari Senin. Beliau bersabda: “Itu adalah hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus sebagai Rasul atau diturunkan wahyu kepadaku.”  

Dalam hadits ini Rasulullah SAW menjelaskan alasan beliau berpuasa di hari Senin, bahwa hari itu merupakan hari dilahirkan dan diutusnya Nabi. Artinya, hadits itu memberi isyarat bahwa hari kelahiran seseorang merupakan hari yang penuh nikmat, sehingga wajib disyukuri. 

Namun, ada juga sebagian ulama yang mengharamkan perayaan ulang tahun. Mereka menganggap perayaan semacam ini termasuk dalam kategori bid’ah, karena berarti mengada-adakan ibadah yang tidak pernah diajarkan oleh Nabi SAW. 

Mereka menggunakan dalil hadits, di mana Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Artinya: “Barangsiapa yang melakukan amal (ibadah) yang bukan berasal dari (ajaran) kami, maka amal tersebut tertolak.” (HR Muslim no. 1718).

Ulang tahun adalah tradisi orang non muslim. Bahkan pada awalnya, tradisi ini untuk merayakan hari lahirnya firaun sebagai perwujudan dewa di Mesir. Karena itu, ulama yang mengharamkan perayaan ulang tahun juga berpegangan pada hadits riwayat Ibnu Umar Ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

   مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

Artinya: “Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk bagian dari mereka." (HR Abu Dawud).  

Sebelumnya diberitakan, salah satu member BTS, J-Hope, berulang tahun ke-30 pada Ahad (18/2/2024). Tidak ada perayaan khusus ulang tahun J-Hope karena baik J-Hope maupun member BTS lainnya sedang menjalani kewajiban militer (wamil) di Korea Selatan. 

Kendati demikian, bukan berarti member BTS melupakan hari ulang tahun J-Hope. Salah satunya Jin. Sayangnya, Jin salah lapak. Ia malah menulis ucapan ulang tahun di akun Weverse V BTS. Entah itu murni salah lapak atau memang sengaja, tingkah Jin membuat fans terhibur.

Jin BTS mengucapkan ulang tahun untuk J-Hope dalam bahasa Korea. Jika diartikan, kalimat itu berbunyi, "Hope (panggilan untuk J-Hope), selamat ulang tahun!," tulisnya singkat pada Ahad (18/2/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement