Kamis 15 Feb 2024 17:55 WIB

Saat Rasulullah Mengirim Surat ke Raja-Raja Agar Masuk Islam

Selain pemimpin agama, Rasulullah juga pemimpin pemerintahan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Hafil
Surat Nabi Muhammad untuk Raja Romawi.
Foto: Islamicity.
Surat Nabi Muhammad untuk Raja Romawi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Selain pemimpin agama, Rasulullah juga pemimpin pemerintahan. Ia menggunakan tugasnya sebagai pemimpin pemerintahan untuk memperluas dakwahnya ke berbagai negara. Maka dari itu pasca perdamaian Hudaibiyah, Rasulullah mengirimkan surat kepada raja dunia dan para pemimpin Arab untuk mengajak mereka masuk Islam.

Dalam Sirah Nabawiyah "Sejarah Lengkap Nabi Muhammad Saw" karya Abdul Hasan 'Ali Al-Hasani An-Nadwi menjelaskan Rasulullah melalui surat kepada raja dunia dan pemimpin Arab mengajak mereka masuk Islam dengan cara bijaksana dan nasihat yang baik. Sehingga ia mengutus utusan menyampaikan surat itu kepada mereka.

Baca Juga

Pasca perdamaian Hudaibiyah situasi memang lebih aman. Hal tersebut membuat dakwah menyebarkan agama Islam lebih luas lagi menjadi lebih lancar. Ruang gerak mendakwahkan Islam tak ada yang halangan.

Beberapa raja yang mendapatkan surat dari Rasulullah antara lain Raja Romawi yakni Heraclius. Pembawa surat Rasulullah ke Heraclius yakni Dihyah al-Kalbi. Namun Dihyah menyerahkan surat tersebut melalui penguasa Bushra. Bunyi surat tersebut:

"Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Dari Muhammad hamba Allah dan utusan-Nya. Kepada Heraclius, raja Romawi. Keselamatan bagi yang mengikuti petunjuk.

Amma ba'du: Aku mengajakmu untuk masuk Islam. Masuklah Islam maka kau akan selamat, dan kau akan diberikan oleh Allah dua pahal. Jika kau menolak maka kau menanggung dosa orang-orang Arison.

"Katakanlah: 'Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu. Bahwa tidak ada kita sembah kecuali Allah dan tidak ada persekutuan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: 'Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)' (QS. Ali Imran [3]: 64).

Selain kepada Heraclius, Rasulullah juga mengirimkan surat kepada Raja Persia, Kisra Abrawaiz, raja Habsyi, Najasyi dan raja Mesir, Muqauqis. Rasulullah membuat stempel yang terbuat dari perak bertuliskan "Muhammad Rasulullah".

Pengiriman surat terbut ke raja-raja menunjukkan bahwa Islam bukan hanya untuk bangsa Arab saja. Namun Islam adalah agama untuk umat manusia di mana saja. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement