Selasa 13 Feb 2024 18:13 WIB

3 Alasan Kesultanan Turki Utsmani Perkuat Angkatan Laut Hingga Jadi yang Terkuat 

Ottoman mempunyai ambisi menaklukkan wilayah di benua Eropa

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Ottoman. Ottoman mempunyai ambisi menaklukkan wilayah di benua Eropa
Foto: Sondakika.com
Ilustrasi Ottoman. Ottoman mempunyai ambisi menaklukkan wilayah di benua Eropa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA –Angkatan Laut Kesultanan Turki Utsmani dikenal memiliki kekuatan dahsyat selama kurun waktu yang panjang selama beberapa abad. 

Kesultanan Turki Utsmani atau juga disebut Ottoman, adalah negara Islam terakhir yang memerintah negara-negara Muslim.

Baca Juga

Pemerintahan Kesultanan Turki Utsmani berlangsung selama sekitar enam ratus tahun, setelah didirikan oleh Osman I bin Ertugrul. Asal usul Kesultanan ini berasal dari Turki, dan mencapai puncak kekuasaan, dan kejayaannya pada abad ke-16 dan ke-17 Masehi.

Salah satu kemenangan terbesar yang diraih Kesultanan Utsmani adalah penaklukan Konstantinopel di bawah pimpinan Mehmed II berjuluk Sang Penakluk pada abad ke-15 M, setelah banyak upaya sebelum dia menaklukkannya. 

Penaklukan tersebut dimulai pada abad ke-7 M. Penaklukan yang dilakukan di masa Kesultanan Turki Utsmani tidak lepas dari kekuatan angkatan lautnya. 

Armada angkatan laut Kesultanan Turki Utsmani melewati berbagai tahapan yang berbeda sepanjang sejarah Kesultanan Ottoman selama hampir 600 tahun.

Ada begitu banyak kemenangan yang dicapai armada angkatan laut Kesultanan Turki Utsmani. Melalui kekuatan di laut, pemerintahan Kesultanan Turki Utsmani bisa mengendalikan banyak pelabuhan, selat dan pulau-pulau yang berada di lokasi strategis.

Sejumlah alasan menjadi faktor mengapa Kesultanan Turki memilih untuk meningkatkan kekuatan armada angkatan lautnya. Pertama, adalah untuk menjaga Kawasan Perbatasan Ottoman.

Kesultanan Ottoman ada di kawasan strategis yang terhubung ke wilayah lain seperti Eropa dan Asia. Jadi, dengan memperkuat angkatan laut, maka akan mampu mengamankan perbatasan wilayah kekuasaan Turki Utsmani.

Kedua, untuk Merebut Wilayah Strategis. Misalnya merebut wilayah kekuasaan Konstantinopel. Sebab selama beberapa periode, Turki Utsmani kesulitan untuk merebut wilayah Konstantinopel. 

Baca juga: 10 Cara Keluar dari Kesulitan Masalah Hidup Menurut Alquran dan Hadits

 

Hingga akhirnya Muhammad Al-Fatih mampu merontokkan kepungan musuh karena didukung oleh armada angkatan laut yang kuat.

Ketiga, untuk bersaing dengan negara lain. Venesia dan kalangan dari wilayah selatan harus sangat waspada terhadap kekuatan armada angkata laut Kesultanan Ottoman. Karena armada laut Ottoman lebih unggul dari armada-armada laut yang dimiliki negara lain.

Terlebih, armada laut Ottoman mampu mengendalikan pulau-pulau di Mediterania dan Laut Hitam serta mengendalikan negara-negara penting. Seperti Bulgaria, Serbia, hingga mencapai Italia. Kekuatan laut Ottoman ini jugalah yang berkontribusi aktif dalam menggulingkan kekuasaan Mamluk di Mesir.

Sumber: mawdoo

photo
Arsitektur peninggalan Ottoman - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement