Selasa 13 Feb 2024 06:24 WIB

Enam Golongan Manusia yang Dilaknat Para Nabi dan Allah SWT

Allah melaknat enam golongan manusia ini.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaihul Ibad menyampaikan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dan Imam Hakim. Dalam riwayat tersebut diungkapkan enam golongan manusia yang dilaknat oleh para Nabi dan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, "Enam orang yang akan saya laknat, dilaknat juga oleh Allah dan oleh setiap Nabi, yakni orang yang tidak diterima doanya, yaitu orang yang menambahi isi kitab Allah. Orang yang mendustakan qadar Allah. Penguasa yang zalim yang menindas dengan sewenang-wenang sehingga memuliakan orang yang dihinakan Allah dan menghinakan orang yang dimuliakan Allah. Orang yang menghalalkan perbuatan yang diharamkan di Tanah Haram (Tanah Suci) Allah. Orang yang menghalalkan perbuatan terlarang terhadap keturunan dan kerabatku. Orang yang berpaling dari sunnahku. Sesungguhnya Allah tidak akan memandang mereka pada hari kiamat nanti dengan pandangan kasih sayang." (Nashaihul Ibad, Syekh Nawawi al-Banteni)

Baca Juga

Golongan manusia yang akan dikutuk oleh Nabi Muhammad SAW, Allah SWT, dan para Nabi yang lain itu ada enam.

Pertama, orang yang dengan sengaja menambah isi Kitab Allah. Yaitu orang yang memasukkan sesuatu yang tidak ada dalam Alquran dan menakwilkannya (menerangkannya) dengan sesuatu yang tidak benar.

 

Kedua, orang yang mendustakan qadar atau ketentuan Allah. Yaitu hubungan kehendak yang bersifat Dzat dengan beberapa perkara pada waktu tertentu dan sebab tertentu yang merupakan suatu perumpamaan dari qadar.

Ketiga, penguasa yang bertindak dengan sewenang-wenang, yang mengagungkan orang yang telah dihinakan oleh Allah dan menghina orang yang telah diagungkan oleh-Nya.

Keempat, orang yang menghalalkan apa-apa yang telah diharamkan oleh Allah, yaitu orang yang mengerjakan segala sesuatu yang haram dan mengerjakannya di Tanah Haram, Makkah.

Kelima, golongan yang melakukan perbuatan terlarang terhadap keturunan dan sanak kerabat Rasulullah SAW. Yaitu orang yang berbuat maksiat, mendurhakai dan menzalimi keturunan dan kerabat Rasulullah SAW.

Keenam, orang yang berpaling dari sunnah Rasulullah SAW, karena meremehkannya.

Demikian penjelasan enam golongan manusia yang dilaknat para Nabi dan Rasul serta Allah SWT. Dilansir dari kitab Nashaihul Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement