Senin 12 Feb 2024 20:50 WIB

Sunan Gresik Jadikan Pengelolaan Beras Sebagai Media Dakwah

Sunan Gresik membangun pertanian dan mengatasi krisis pangan masyarakat Jawa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Sunan Giri Gresik,Jawa Timur.; Masjid di Gresik ;
Foto:

Maka, di masjid yang beliau dirikan, selain menjadi tempat menyebarkan ajaran Islam, juga digunakan untuk pendidikan para dai dan mengajarkan warga mengenai teknik irigasi atau pengolahan persawahan maupun tambak di sepanjang pesisir utara Gresik.

Jejak peninggalan ilmu irigasi terlihat dari sistem irigasi pengairan areal pertanian maupun tambak masyarakat pesisir utara Gresik yang cukup andal hingga sekarang. Bersama dengan pengikut dan masyarakat sekitar, Sunan Gresik pun berhasil membangun sebuah bendungan dan membuka lahan-lahan pertanian.

Dalam berdakwah, Sunan Gresik menggunakan cara yang bijaksana dan strategi yang tepat berdasarkan ajaran Alquran, di mana Allah SWT berfirman:

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

Artinya: "Serulah (manusia) ke jalan Tuhanmu dengan hikmah424) dan pengajaran yang baik serta debatlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang paling tahu siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia (pula) yang paling tahu siapa yang mendapat petunjuk." (QS An-Nahl [16]:125)

Dalam berdakwah, Sunan Gresik tidak langsung menentang kepercayaan masyarakat. Melainkan mendekati dengan penuh hikmah. Ia tunjukkan keindahan dan ketinggian akhlak Islam.

Dan jika Sunan Gresik tidak membenahi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement