Senin 12 Feb 2024 20:50 WIB

Sunan Gresik Jadikan Pengelolaan Beras Sebagai Media Dakwah

Sunan Gresik membangun pertanian dan mengatasi krisis pangan masyarakat Jawa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Sunan Giri Gresik,Jawa Timur.; Masjid di Gresik ;
Foto:

Namun, kedatangan Sunan Gresik di Jawa juga beriringan dengan kondisi Majapahit yang sedang mengalami krisis akibat perang Paregreg yang berkepanjangan. Oleh karena itu, masyarakat banyak mengalami kekurangan suplai makanan.

Sebagai seorang yang ahli dalam bidang pertanian dan irigasi, bersama dengan pengikut dan masyarakat sekitar, Sunan Gresik berhasil membangun sebuah bendungan dan membuka lahan pertanian.

Dalam artikel Sunan Gresik, Pembuka Jalan Dakwah di Tanah Jawa, Muh Sidiq HM menjelaskan, dengan sistem yang tertata dan pengairan yang intensif, panen padi bisa dilakukan dua kali dalam setahun dan beras dapat dikelola dengan baik.

"Hal ini sangat menggembirakan bagi masyarakat di sana sehingga dengan cepat krisis yang dialami masyarakat bisa diatasi,” kata Sidiq

Dari sinilah, jelas lah bahwa selain menguasai ilmu agama, Sunan Gresik ini juga dikenal menguasai ilmu pertanian. Dia lah seorang ulama yang memiliki gagasan mengalirkan air dari gunung untuk mengairi lahan pertanian penduduk. Dengan adanya sistem pengairan yang baik, lahan pertanian menjadi subur dan hasil panen bertambah banyak.

Maka, di masjid yang beliau dirikan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement