Jumat 09 Feb 2024 14:36 WIB

Para Malaikat Pun Ikut Berperang dalam Perang Badar

Perang Badar terjadi setelah Rasulullah saw berhijrah ke Madinah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Padang Pasir
Foto:

"(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: ‘Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.' Dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tentram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Surat al- Anfal ayat 9 dan 10)

Berangsur-angsur para malaikat Allah turun dari langit dan bergabung dengan pasukan kaum Muslimin. Kedatangan para malaikat tersebut tidak disadari oleh kaum Musyrikin maupun para sahabat yang sedang berperang. Hanya Rasulullah saw saja yang mengetahuinya.

Beberapa sahabat Rasulullah yang ikut berperang merasa heran karena musuh yang ada di hadapannya tiba-tiba saja jatuh dan mati. Ada juga pasukan kaum musyrikin yang tiba-tiba badannya terbelah sebelum pasukan kaum Muslimin menebaskan pedangnya.

Ternyata hal itu dilakukan oleh malaikat-malaikat Allah yang sedang membantu pasukan kaum Muslimin. Para malaikat memporak-porandakan pasukan kaum musyrikin dengan kekuatan yang dikaruniakan oleh Allah.

Pasukan kaum Muslimin yang dibantu malaikat-malaikat Allah berangsur-angsur dapat memukul mundur pasukan kaum musyrikin. Pasukan kaum musyrikin merasa takut dan khawatir karena satu per satu tentara mereka berjatuhan ke tanah.

Hingga pada akhirnya pasukan kaum musyrikin menyerah kalah, sedangkan pasukan kaum Muslimin memperoleh kemenangan. Pasukan kaum Muslimin kemudian bertakbir memuji kebesaran Allah yang telah mengaruniakan kemenangan dalam peperangan tersebut.

Sejarah Perang Badar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement