Jumat 09 Feb 2024 12:17 WIB

Ramadhan Satu Bulan Lagi, Lakukan 5 Persiapan Ini untuk Menyambut Bulan Suci

Membayar utang puasa yang telah lalu adalah persiapan yang paling wajib dilakukan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang Muslim pergi untuk melakukan sholat maghrib setelah berbuka puasa setelah matahari terbenam pada bulan suci Ramadhan, di luar Masjid Al Farooq di Teluk Emirat Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto:

Berkata Yahya bin Abi Katsir bahwasanya beliau senantiasa berdoa: "Ya Allah, pertemukanlah aku dengan selamat hingga sampai kepada bulan Ramadhan, dan antarkanlah bulan Ramadhan itu kepadaku. Dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Lathoiful Ma'arif li Ibni Rojab, hal 148)

Kenapa para Salaf berdoa sampai sebegitu? Ini karena tingginya ketaqwaan dan keilmuan mereka hingga mereka merasa amat sangat butuh ampunan dan pahala dari Allah sebagai bekal mereka di akhirat.

Oleh karena itu, bulan Ramadhan sebagai bulan ampunan dan pelipatgandaan pahala,adalah suatu kesempatan emas yang amat sangat mereka nanti-nanti. Mereka berharap agar bisa bertemu dengan bulan Ramadhan agar bisa banyak beramal disana, dan berharap dengan benar-benar agar apa yang mereka kerjakan diterima amalannya oleh Allah.

Amalan puasa adalah suatu amalan yang memiliki keutamaan tersendiri di dalam syari'at Islam. Jika setiap amalan sholeh dilipatgandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat, maka amalan puasa ini lebih dari itu pelipat gandaanya.

Dan hanya Allah sendiri yang tahu betapa besar pelipat gandaan pahala yang akan diberikan. Maka dari itulah para ulama Salaf juga senantiasa berdoa agar seluruh amal sholeh mereka di bulan Ramadhan diterima Allah swt.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement