Jumat 09 Feb 2024 12:17 WIB

Ramadhan Satu Bulan Lagi, Lakukan 5 Persiapan Ini untuk Menyambut Bulan Suci

Membayar utang puasa yang telah lalu adalah persiapan yang paling wajib dilakukan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang Muslim pergi untuk melakukan sholat maghrib setelah berbuka puasa setelah matahari terbenam pada bulan suci Ramadhan, di luar Masjid Al Farooq di Teluk Emirat Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto:

2. Memperbanyak puasa sunnah pada bulan Sya’ban

Pada bulan Sya'ban, sebulan sebelum Ramadhan. Rasulullah saw banyak sekali melakukan puasa sunnah pada bulan ini. Bahkan dalam salah satu hadits shohih, sampai dikatakan Rasulullah hampir puasa sebulan penuh pada bulan Sya'ban ini.

Rasulullah banyak melakukan puasa sunnah pada bulan Sya'ban dimaksudkan sebagai "latihan puasa" untuk persiapan memasuki puasa Ramadhan.

BACA JUGA: Naskah Khutbah Jumat: Kepemimpinan dalam Islam dan Pemilihan Pemimpin

Dari ‘Aisyah ra beliau mengatakan, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu falaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya'ban." (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Ada catatan penting bagi puasa di bulan Sya'ban ketika sudah mendekati masuk bulan Ramadhan. Sehari atau dua hari sebelum masuk bulan Ramadhan, kita dilarang untuk berpuasa pada akhir bulan Sya'ban ini.

Hal ini dilarang dengan alasan agar tidak tercampur antara puasa sunnah pada bulan Sya'ban dengan puasa wajib pada bulan Ramadhan. Yakni agar jangan sampai kita melakukan puasa Sunnah bulan Sya' ban, padahal sebenarnya secara hitungan bulan sudah masuk bulan Ramadhan.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Janganlah kalian berpuasa satu atau dua hari sebelum Ramadhan kecuali seseorang yang punya kebiasaan puasa, maka bolehlah ia berpuasa." (HR. Muslim dan Bukhari)

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement