Kamis 08 Feb 2024 19:22 WIB

Enam Pegangan untuk Raih Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Dunia merupakan tempat mengumpulkan perbekalan menuju akhirat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sholat sebagai ibadah dan bekal menuju akhirat.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi sholat sebagai ibadah dan bekal menuju akhirat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dikisahkan suatu ketika di zaman dulu, Syaqiq Al-Balkhi seorang sufi dan ulama besar yang zuhud berkata kepada muridnya bernama Hatim Al-Asham yang juga ulama besar dan zuhud. Ketika itu, Hatim Al-Asham telah belajar sekitar 30 tahun kepada Syaqiq Al-Balkhi.

Syaqiq Al-Balkhi bertanya kepada muridnya, "Apa yang telah kamu pelajari dariku sejak kamu mengikutiku (selama 30 tahun)?" Hatim Al-Asham berkata, "Ada enam perkara."

Baca Juga

Hatim Al Asham menjelaskan enam hal yang telah dia simpulkan dari hasil pelajarannya selama sekitar 30 tahun untuk jadi pegangan hidup.

Hatim Al Asham berkata, "Pertama, aku melihat manusia ragu dalam masalah rezeki, mereka kikir terhadap apa yang ada pada mereka, rakus dan tamak terhadap harta. Maka aku bertawakal kepada Allah, karena Allah berfirman, 'Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah' (Quran surat Hud Ayat 6). Karena aku termasuk makhluk Allah yang melata di permukaan bumi ini, maka aku tidak ingin menyibukkan hatiku terhadap sesuatu yang telah dijamin Allah Yang Maha Kuat dan Kuasa."

Menanggapi hal itu, Syaqiq Al Balkhi berkata, "Kamu benar."

Hatim Al Asham berkata lagi, "Kedua, aku melihat setiap manusia itu memiliki teman tempat ia mencurahkan rahasianya dan mengadukan perkaranya, akan tetapi mereka tidak bisa menyimpan rahasia dan tidak dapat menolak ketetapan. Maka, aku jadikan amal saleh sebagai temanku agar amal saleh itu menjadi penolong bagiku ketika hisab dan meneguhkanku di hadapan Allah, menemaniku pada titian shirathal mustaqim."

Syaqiq Al-Balkhi berkata lagi kepada Hatim Al Asham, "Kamu benar."

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement