Senin 05 Feb 2024 13:55 WIB

Indahnya Bersyukur, Sudah Dapat Kenikmatan Lalu Ditambah Lagi

Bersyukur adalah mengaitkan anugerah yang didapat dengan Allah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Indahnya Bersyukur, Sudah Dapat Kenikmatan Lalu Ditambah Lagi. Foto:  Rezeki/Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Indahnya Bersyukur, Sudah Dapat Kenikmatan Lalu Ditambah Lagi. Foto: Rezeki/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Syukur adalah faktor untuk meningkatkan rezeki dan keberkahan dalam hidup. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Baca Juga

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrahim ayat 7)

Bersyukur kepada Allah juga merupakan salah satu cara untuk menangkal malapetaka, keburukan maupun musibah. Allah SWT berfirman:

مَا يَفْعَلُ اللّٰهُ بِعَذَابِكُمْ اِنْ شَكَرْتُمْ وَاٰمَنْتُمْۗ وَكَانَ اللّٰهُ شَاكِرًا عَلِيْمًا ۔

"Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui." (QS An Nisa ayat 147)

Selain itu, bersyukur kepada Allah akan mendatangkan kecintaan-Nya dan mendapatkan ampunan dari segala dosa. Allah SWT berfirman:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Ali Imran ayat 31)

Ada begitu kisah teladan dari para nabi orang-orang shaleh tentang syukur. Mereka bersyukur kepada Allah SWT dalam setiap keadaan, baik dalam suka maupun duka. Nabi Nuh AS memberi contoh tentang seorang hamba yang bersyukur.

Allah SWT berfirman ihwal Nabi Nuh AS:

ذُرِّيَّةَ مَنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۗ اِنَّهٗ كَانَ عَبْدًا شَكُوْرًا

"(Wahai) keturunan orang yang Kami bawa bersama Nuh. Sesungguhnya dia (Nuh) adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur." (QS. Al Isra ayat 3)

Alquran juga mengabadikan teladan dari Nabi Ibrahim AS yang bersyukur kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman:

اِنَّ اِبْرٰهِيْمَ كَانَ اُمَّةً قَانِتًا لِّلّٰهِ حَنِيْفًاۗ وَلَمْ يَكُ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَۙ شَاكِرًا لِّاَنْعُمِهِ ۖاجْتَبٰىهُ وَهَدٰىهُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ

"Sungguh, Ibrahim adalah seorang imam (yang dapat dijadikan teladan), patuh kepada Allah dan hanif. Dan dia bukanlah termasuk orang musyrik (yang mempersekutukan Allah), dia mensyukuri nikmat-nikmat-Nya. Allah telah memilihnya dan menunjukinya ke jalan yang lurus." (QS. Ibrahim ayat 120-121)

Begitupun Nabi Muhammad SAW, yang merupakan hamba paling bersyukur kepada Allah SWT. Beliau SAW bangun di malam hari sampai kakinya bengkak, hingga menimbulkan keheranan seorang sahabat, yang kemudian bertanya kepada beliau SAW, "Bukankah Allah telah mengampuni dosa-dosa engkau yang lalu maupun yang akan datang?"

Lalu Rasulullah SAW bersabda,  أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا (Apakah aku tidak boleh menjadi hamba yang bersyukur?) (HR. Bukhari)

Karena itu, bersyukur kepada Allah menjadikan hidup lebih indah dan membahagiakan, menjadikan hati semakin suci, dan menjadikan jiwa semakin kokoh. Setiap Muslim harus bersyukur kepada Allah dalam segala keadaannya.

Sekalipun seorang hamba telah dilimpahkan kepadanya nikmat, keberkahan dan kekayaan, maka ia wajib bersyukur kepada Allah SWT agar dapat memperoleh rezeki dan keberkahan.

Adapun bersyukur adalah ketika seorang Muslim mengaitkan nikmat dan anugerah yang diperolehnya dengan Allah SWT, serta meyakini bahwa nikmat tersebut tidaklah berasal manapun kecuali Allah SWT.

 

 

sumber : Fatora.io
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement