Senin 05 Feb 2024 00:04 WIB

Berbuat Dosa Berulang-ulang, Apakah Allah Mengampuni? Ini Penjelasannya

Allah mengampuni dosa hamba-Nya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Erdy Nasrul
Tobat memohon ampunan/Ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Tobat memohon ampunan/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Manusia tak ada yang sempurna maka dari itu ia tak akan luput dari perbuatan dosa. Nafsu yang bersarang dalam diri manusia dan godaan setan membuat manusia berpotensi besar mengulangi dosa entah itu dosa kecil maupun besar.

Pertanyaannya apakah Allah akan mengampuni manusia yang melakukan dosa berulang-ulang?

Baca Juga

Pendakwah Maen Khalifah dalam aboutislam mengatakan Allah Swt akan selalu mengampuni dosa umatnya asalnya bertobat. Menurut Khalifah manusia tidak bisa terlepas dari dosa. Oleh karena itu manusia juga harus berinisiatif untuk selalu bertobat.

Bagaimana apabila berbuat salah kepada sesama manusia dan itu berdosa? Khalifah mengatakan sebelum meminta ampunan kepada Allah maka terlebih dahulu meminta maaf kepada sesama manusia. Menurut Khalifah selama manusia itu mengimani Allah sebagai pencipta dan patut disembah maka dosa-dosanya akan selalu diampuni.

 

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Abu Dharr: Nabi bersabda, Jibril datang kepadaku dan memberi kabar gembira bahwa siapa pun yang meninggal tanpa menyembah apa pun selain Allah akan masuk surga. Aku bertanya (Jibril), ‘Sekalipun dia mencuri, dan meskipun dia melakukan persetubuhan yang haram?’ Beliau menjawab, ‘(Ya), meskipun dia melakukan pencurian dan meskipun dia melakukan persetubuhan yang haram.” (Al-Bukhari, Buku 93, Hadits 579)

Kemudian dia diam sejenak tanpa melakukan dosa apa pun, lalu melakukan dosa yang lain (yang ketiga kalinya) dan berkata, 'Ya Tuhanku, aku telah melakukan dosa yang lain, ampunilah aku,' dan Allah berfirman, 'Hamba-Ku telah mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan yang mengampuni dosa dan menghukumnya, maka Aku telah mengampuni hamba-Ku (dosanya), dia boleh melakukan apapun yang dia suka.” (Al-Bukhari, Buku 93, Hadits 598).

Berangkat dari hadis tersebut, kata Khalifah, sudah sangat jelas bahwa Allah Maha Pengampun. Meski demikian, bukan berarti manusia didorong untuk nyaman berbuat dosa karena adanya jaminan ampunan dari Allah.

"Itu hanya menunjukkan kepada kita rahmat dan pengampunan Allah. Ada juga banyak ayat Alquran dan hadits yang berkaitan dengan topik ini, yang mungkin berguna bagi Anda di tautan referensi di bagian akhir," ujar Khalifah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement