Kamis 01 Feb 2024 20:45 WIB

Dua Isyarat dari Nabi Muhammad Soal Penyebab Bangsa Binasa

Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan mengenai kehancuran Bani Israil.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah riwayat hadits mengabarkan tentang hal yang dapat menyebabkan kehancuran suatu bangsa. Salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

إنَّما أَهلك الذين قبلكم: أنَّهمْ كانوا إذا سَرقَ فيهم الشَّريفُ تَرَكُوه، وإذا سَرَقَ فيهم الضعيف أقاموا عليه الحدّ. وَأيْمُ الله لَوْ أنَّ فاطمةَ بنْتَ محمدٍ سَرَقَت لقطعتُ يَدَهَا 

"Sesungguhnya yang telah membinasakan umat sebelum kalian adalah jika ada orang terhormat dan mulia di antara mereka mencuri, mereka tidak menghukumnya. Sebaliknya jika orang rendahan yang mencuri, mereka tegakkan hukuman terhadapnya. Demi Allah, bahkan seandainya Fatimah putri Muhammad mencuri, niscaya aku sendiri yang akan memotong tangannya!" (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Hadits tersebut menunjukkan bahwa perlakuan dalam membeda-bedakan penegakan hukum berdampak buruk bagi tatanan masyarakat.

Hukum sejatinya adalah pembawa manfaat yang tak terhingga karena hal ini akan menghapus perbuatan buruk seperti korupsi, ketidakadilan, menegakkan keadilan, memelihara kehidupan masyarakat, dan sebagainya.

Karena itu, hukum sepatutnya tidak tebang pilih, antara yang kaya dan yang miskin. Rasulullah SAW telah memperingatkan tentang situasi terdahulu di mana ada pembedaan antara yang terhormat dan yang tidak, yang lemah dan yang kuat sehingga memunculkan kasta di dalamnya.

Ibnu Taimiyah mengatakan, bahwa Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan mengenai kehancuran Bani Israil yang diakibatkan oleh sikap mereka yang membebaskan para pemimpinnya dari hukuman.

 

Hal selanjutnya yang menjadi faktor hancurnya suatu bangsa adalah sikap kikir. Ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW dari jalur Jabir bin Abdillah.

 

Rasulullah SAW bersabda, "Hindarilah kezaliman, karena kezaliman adalah kegelapan (yang membawa kesengsaraan) pada Hari Kiamat, dan jauhilah kekikiran karena kekikiran telah membinasakan kaum sebelum kalian, yang mendorong mereka untuk saling menumpahkan darah mereka sendiri dan menghalalkan apa yang telah diharamkan oleh diri mereka sendiri." (HR Muslim)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement