Rabu 31 Jan 2024 19:28 WIB

Ini Beberapa Penghalang Mengalirnya Pintu Rezeki

Islam memberikan pedoman kepada umatnya dalam mencari rezeki .

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Hafil
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta
Foto: Republika.co.id
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Agama Islam memberikan pedoman kepada umatnya dalam mencari rezeki agar dipermudah. Ada lewat bacaan, doa, kalimat thayyibah, dzikir dan shalat. Tetapi ada beberapa hal yang bisa menjadi penghalang seseorang mendapatkan rezeki.

Hal-hal yang bisa menjadi penghalang pintu rezeki jelas sesuatu yang dibenci oleh Allah Swt. Sehingga Allah enggan melapangkan rezeki kepada mereka yang tidak taat atas perintah-Nya.

Baca Juga

Irwan Kurniawan dalam bukunya "Mengetuk Pintu Rezeki" menjelaskan beberapa hal yang bisa menjadi penghalang rezeki di antaranya bermalas-malasan. Dari Zurarah: Ja'far as-Shadiq As berkata, "Barangsiapa malas dalam urusan bersuci dan shalatnya, dia tidak memiliki kebaikan dalam urusan akhiratnya. Barangsiapa malas dalam memperbaiki penghidupannya, dia tidak memiliki kebaikan dalam urusan dunianya". (Al-Kafi, jil 5, hlm 85, hadis nomor 3).

Kemudian dari Ibn al-Qaddah: Ja'far as-Shadiq As berkata, "Musuh pekerjaan adalah kemalasan".

Dari Ali bin Muhammad: Amirul Mukminin 'Ali bin Abi Thalib As berkata, "Ketika segala sesuatu berpasangan maka kemalasan berpasangan dengan kelemahan sehingga dari keduanya dihasilkan kefakiran". (Al-Kafi, jil 5, hlm 86, hadis no 8).

Allah juga membenci mereka yang banyak tidur dan menganggur. Allah sebagai yang Maha Kuasa maka mereka yang banyak tidur dan menganggur akan menjadi penghalang pintu rezeki seseorang. Ungkapan-ungkapan orang tua bahwa banyak tidur akan memperseret rezeki memang sesuai dengan ajaran Islam.

Dari Yunus bin Ya'qub: Ja'far ash-Shadiq As berkata, "Banyak tidur akan menghilangkan keberagamaan dan keduniaan". (Al-Kafi, jil 5, hlm 84, hadis no 1). Dari Abu Bashir: Ja'far ash-Shadiq As berkata, "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla membenci orang yang banyak tidur dan banyak menganggur". (Al-Kafi, jil 5, hlm 84, hadis no 3).

Selain itu ada hal lain yang juga bisa menjadi penghalang masuk rezeki. Seperti lalai terhadap kebersihan halaman rumah. Perilaku ini sejalan dengan ungkapan yang sering didengar dari petuah orang tua agar sering membersihkan halaman rumah agar rezeki mengalir deras.

Amirul Mukminin Ali bin Ali Thalib As berkata, "Setelah ini, maukah kuberitahukan kepada kalian apa yang dapat menambau rezeki?" Mereka (para sahabatnya) menjawab, "Tentu wahai Amirul Mukminin". Beliau berkata, "Menjamak dua shalar dapat menambah rezeki, ta'qib setelah shalat subuh dan shalat ashar dapat menambah rezeki, menyapu halaman rumah dapat menambah rezeki, membantu sesama di jalan Allah dapat menambah rezeki, istighfar dapat menambah rezeki, menyampaikan amanat dapat menambah rezeki, berkata benar dapat menambah rezeki, menjawab ucapan muadzin dapat menambah rezeki, tidak berbicara di toilet dapat menambah rezeki, menghindari sifat tamak dapat menambah rezeki, mensyukuri nikmat dapat menambah rezeki, menghindari sumpah palsu dapat menambah rezeki, berwudhu' sebelum makan dapat menambah rezeki, dan memakan makanan yang jatuh dari piring dapat menambah rezeki. Barangsiapa bertasbih kepada Allah 30 kali setiap hari, Allah azza wa Jalla akan menghindarkannya dari 70 bala, dan bala yang paling ringan di antaranya adalah kefakiran".

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement