Rabu 31 Jan 2024 04:05 WIB

Perbedaan Suasana Subuh di Era Nabi Muhammad dan Akhir Zaman

Konon jika ada orang melewati rumah sahabat waktu subuh, terdengar suara gemuruh.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Pemandangan kota Makkah di waktu Subuh dari atas puncak Jabal Nur, nampak Zamzam Tower dan Masjidil Haram di sebelah Barat Daya. Sabtu (10/6/2023.
Foto:

Dari Abu Hatim bahwa Rasulullah pernah suatu malam berjalan untuk mencari tahu bagaimana para sahabatnya menjalankan sholat. Bagaimana mereka berdoa dan bagaimana mereka menangis. Hingga beliau mendengar seorang wanita tua membaca ayat Alquran sambil menangis.

Wanita itu membaca Surat Al-Ghasiyah ayat 1, Allah berfirman,  “Hal ataaka haditsul-ghaasyiyah,”. Yang artinya: “Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?” Wanita itu membaca berulang-ulang dan selalu menangis. Mendengar bacaan tersebut, Rasulullah hanya bisa menangis dan menyandarkan kepalanya di daun pintu rumahnya.

Kemudian Nabi berkata, “Ya, telah datang kepadaku berita itu." Melalui kisah ini, Syekh Aidh Al-Qarni kemudian mencoba mengingatkan kembali kepada umat Islam saat ini, khususnya anak muda yang masih gagah perkasa memiliki kesempatan dan kekuatan fisik, untuk tidak henti beribadah dan memohon pengampunan dari Allah SWT.

photo
Lima fakta penting tentang sholat dhuha. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement