Selasa 30 Jan 2024 12:50 WIB

Tafsir Surat Ibrahim Ayat 24: Perumpaman Kalimat Thayyibah dalam Alquran

Kalimat thayyibah apabila diucapkan dan diamalkan akan mendapat pahala.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Matahari mulai naik melalui celah pohon-pohon diantara bunga Bluebells atau juga dikenal sebagai Hyacinth liar yang mekar di hutan Hallerbos di Halle, Belgia.
Foto:

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh As-Saddi, dari Murrah, dari Ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa pohon yang dimaksud adalah pohon kurma. Juga menurut riwayat Syu'bah, dari Mu'awiyah ibnu Qurrah, dari Anas, bahwa pohon itu adalah pohon kurma.

Hammad ibnu Salamah telah meriwayatkan dari Syu'aib ibnul Habhab, dari Anas, bahwa Rasulullah SAW mendapat kiriman sekantong buah kurma. Maka beliau SAW membaca firman-Nya: "Perumpamaan kalimat thayyibah seperti pohon yang baik, yakni pohon kurma."

Jadi, dalam ayat ini Allah memberikan perumpamaan bagi amal baik orang mukmin. Tidakkah kamu memperhatikan dan merenungkan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik (kalimat tauhid) seperti pohon yang baik, yaitu kurma. Akarnya menghunjam tanah dengan kuat dan cabangnya menjulang tinggi ke arah langit. Pohon itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dengan seizin tuhannya.

Seperti itulah pohon keimanan; akarnya terpatri dengan kuat di dada kaum mukmin, dan cabangnya yang berupa amal saleh dipersembahkan kepada Allah setiap waktu. Dan demikianlah, Allah membuat perumpamaan itu sebagai gambaran untuk manusia renungkan agar mereka selalu ingat akan kebesaran dan kekuasaan Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement