Sabtu 27 Jan 2024 08:12 WIB

14 Cara Berwudhu Bagi Orang Sakit yang Hendak Sholat

Bersuci merupakan ajaran Islam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersuci merupakan ajaran Islam. Bahkan dalam pembukaan kitab-kitab fikih, bab thaharah (kebersihan) menjadi bab pembuka yang menjadi penekanan bagi setiap umat Islam. Maka bagaimana seyogyanya cara bersuci bagi orang yang sakit?

Ali bin Sulaiman Ar Rumaikhan dalam buku Fikih Pengobatan Islami menjabarkan 14 tata cara bersuci bagi orang yang sakit untuk sholat.

Baca Juga

Cara Berwudhu Bagi Orang Sakit

1. Orang sakit wajib bersuci menggunakan air. Dengan air itu ia berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil dan melakukan mandi untuk menghilangkan hadats besar.

2. Apabila orang sakit tidak mampu untuk bersuci dengan menggunakan air karena ia lemah atau karena khwatir penyakitnya bertambah, atau kesembuhannya menjadi terlambat, maka ia harus bertayamum.

3. Cara melakukan tayamum. Seseorang itu menepukkan kedua tangannya ke atas tanah yang suci dengan sekali tepukan, lalu mengusapkannya ke kedua pergelangan tangan yang satu kepada pergelangan yang satunya lagi.

4. Apabila seseorang itu tidak mampu lagi untuk bersuci, maka orang lain mewudhukannya atau mentayamumkannya.

5. Apabila sebagian anggota tubuh yang harus disucikan itu ada luka, maka ia harus mencucinya dengan air. Apabila dicuci dengan air akan memberikan dampak negatif. Maka, ia harus mengusapnya dengan air, yaitu dengan membasahi tangannya lalu mengusapkannya ke tempat luka tersebut. Apabila mengusapnya itu juga memberikan dampak negatif, maka ia bertayamum.

Apabila sebagian anggota tubuhnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement