Jumat 26 Jan 2024 08:38 WIB

Puasa Bisa Lebih Baik untuk Kesehatan daripada Pengobatan? Ini Penjelasannya 

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan para nabi dahulu.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berpuasa.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Seorang ahli gizi dan pelatih kehidupan dari Inggris, Nigel Calland, mengatakan puasa adalah praktik yang paling bermanfaat bagi kesejahteraan fisik dan mental kita. Dengan kata lain, Islam telah mengajarkan kebugaran sejak berabad-abad lamanya.

"Jika Anda ingin benar-benar sehat, semoga, Insya Allah, para dokter memberi tahu Anda untuk berpuasa daripada memberi Anda obat," katanya dilansir dari Arab News, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Calland menjelaskan bagaimana puasa membawa perubahan signifikan dalam tubuh kita. Selama puasa, tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon pertumbuhan dan kortisol, dan kurangnya makanan menyebabkan tubuh menggunakan sel-sel jahat sebagai energi. 

“Tubuh beroperasi paling efisien ketika mengalami kejutan, yang pada dasarnya memicu semua mekanisme internal yang diarahkan untuk bertahan hidup,” katanya.

Calland yang baru-baru ini masuk Islam saat melakukan perjalanan di Arab Saudi, memulai puasa Ramadhan pertamanya tahun lalu. Setelah membaca Alquran dua kali dan merasa bahwa dia berada di jalan yang benar. Lalu Calland menyatakan keinginannya untuk memeluk Islam kepada pemandu wisata yang dia temui di Riyadh. Pada hari itu juga, pemandu wisata membawanya ke Masjid Al-Rajhi di Riyadh.

“Saya pindah ke sana dengan Abdulaziz, dan dia sangat terhormat, dia menjelaskan semuanya secara perinci dan sebenarnya itu memunculkan banyak emosi bagi saya, jujur saja. Dan ya, untuk terlibat dalam itu luar biasa. Dan sekarang, saya seorang Muslim," katanya.

Dia percaya bahwa Islam akan membimbingnya untuk tetap berada di jalan yang benar. “Banyak orang yang jauh dari kebenaran akhir-akhir ini. Dan saya merasa seperti kita harus melihat lebih dalam lagi. Orang-orang, mereka mencari kepuasan secara eksternal di lingkungan," katanya.

"Sampai Anda memecahnya dan memahami diri sendiri, maka saat itulah hal-hal terungkap,” katanya menambahkan.

Sebelum menjadi pelatih pribadi, Calland menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai insinyur. Pekerjaan ini membutuhkan banyak usaha fisik, yang melibatkan angkat berat, yang terbukti bermanfaat untuk sesi kebugarannya. Menggunakan otot-ototnya, baik di dalam maupun di luar gym menginspirasinya untuk mengubah hasratnya menjadi bisnis.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement