Kamis 25 Jan 2024 23:04 WIB

8 Fakta Surat-Surat yang Dikirimkan Rasulullah SAW ke Penguasa Dunia

Rasulullah SAW berdakwah kepada penguasa dunia lewat surat.

Surat Nabi Muhammad untuk Raja Romawi. Rasulullah SAW berdakwah kepada penguasa dunia lewat surat
Foto: Islamicity.
Surat Nabi Muhammad untuk Raja Romawi. Rasulullah SAW berdakwah kepada penguasa dunia lewat surat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di antara media dakwah yang digunakan Rasulullah SAW kepada raja-raja penguasa dunia ketika itu.

Berikut ini sejumlah fakta terkait dengan dakwah surat yang dibuat Rasulullah SAW untuk penguasa dunia: 

Baca Juga

1. Setelah Rasulullah membuat surat-surat kepada para raja dan penguasa dunia mengajak mereka masuk ke agama Islam, salah seorang sahabat mengatakan orang-orang kafir tidak mau menerima surat-surat tanpa distempel lebih dahulu. Maka, Nabi memerintahkan sahabat membuatkan stempel. Kemudian, dibuatlah stempel berupa cincin yang berukiran kalimat Muhammad Rasulullah. 

2. Stempel ini dikenakan Nabi di tangan kanan beliau sampai beliau wafat.

 

3. Semua surat Nabi yang dikirim kepada raja dan penguasa dunia disambut dengan baik dan sangat dihargai sekali oleh mereka kecuali surat beliau yang dikirim kepada Kisra atau Khosrau II (penguasa Persia). Setibanya surat beliau dan sehabis dibaca surat beliau dirobek-robek oleh Khosrau. Rasulullah berdoa: "Ya Allah robek-robeklah kerajaannya."

4. Kalau kita membaca isi surat Nabi yang dikirim untuk penguasa dunia kita bisa lihat dengan jelas bahwa Rasulullah adalah seseorang yang ahli berdiplomasi dan sangat pintar bersiasat. Kita bisa lihat bahwa beliau sangat menghargai dan memuliakan kedudukan mereka sebagai penguasa dunia.

5. Surat Nabi untuk Raja Negus (penguasa Ethiopia). Isi surat: Dari Muhammad utusan Islam untuk An-Najasyi, penguasa Abyssinia (Ethiopia). Salam bagimu, sesungguhnya aku bersyukur kepada Allah yang tidak ada Tuhan kecuali Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Mahamemelihara, dan aku bersaksi bahwa Isa putra Maryam adalah ruh dari Allah yang diciptakan dengan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam yang terpilih, baik dan terpelihara.

Maka, ia hamil kemudian diciptakan Isa dengan tiupan ruh dari-Nya sebagaimana diciptakan Adam dari tanah dengan tangan-Nya. Sesungguhnya aku mengajakmu ke jalan Allah. Dan aku telah sampaikan dan menasihatimu maka terimalah nasihatku. Dan salam bagi yang mengikuti petunjuk.

Baca juga: 5 Pilihan Doa Ini Bisa Jadi Munajat kepada Allah SWT Perlancar Rezeki

6. Surat Nabi untuk Raja Heraclius (Kaisar Romawi). Isi surat: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad utusan Allah untuk Heraclius Kaisar Romawi yang agung. Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk.

Selain itu...

 

sumber : Harian Republika
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement