Sabtu 27 Jan 2024 00:05 WIB

Kenapa Ada Orang yang Senang Berbuat Maksiat?

Hal ini dijelaskan oleh Imam Nawawi Al Bantani dalam kitabnya Nashaihul Ibad.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Saudi Ministry of Media via AP Photo
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada hal yang menjadi penyebab terbesar mengapa seseorang senang melakukan perbuatan maksiat. Hal ini dijelaskan oleh Imam Nawawi Al Bantani dalam kitabnya berjudul Nashaihul Ibad.

Imam Nawawi Al Bantani, ulama nusantara asal Banten yang terkenal di Timur Tengah dan pernah menjadi Imam Masjidil Haram di Makkah, menukil sebuah hadits di mana Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

أصل جميع الخطايا حب الدنيا وأصل جميع الفتن منع العشر والزكاة

"Sumber (penyebab) dari semua dosa adalah cinta dunia dan sumber semua fitnah adalah enggan membayar zakat dan sepersepuluh harta."

Cinta dunia adalah ketika seorang Muslim mencintai dunia hingga melampaui batas, yaitu melebihi dari yang dibutuhkannya. Sampai-sampai hidup bermewah-mewahan karena telah larut dalam kecintaannya pada dunia.

Dikutip dari Saaid, dalam Alquran juga telah diingatkan ihwal bahaya harta dan keluarga yang dapat menjadi petaka, ujian dan fitnah. Maka, agar terhindar dari itu, sepatutnya seorang Muslim mengikuti panduan syariat Allah SWT.

Dalam Surat At Tagabun, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّ مِنْ اَزْوَاجِكُمْ وَاَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَّكُمْ فَاحْذَرُوْهُمْۚ وَاِنْ تَعْفُوْا وَتَصْفَحُوْا وَتَغْفِرُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ اِنَّمَآ اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang besar." (QS. At Tagabun ayat 14-15)

Kekayaan berlebihan juga bencana...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement