Jumat 26 Jan 2024 02:05 WIB

Tiga Cara Mengenalkan Ajaran Islam pada Anak tanpa Menakut-nakuti

Orang tua diharapkan menjadi teladan bagi anak.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sekeluarga mengaji.
Foto:

Cara Mengenalkan Ajaran Islam pada Anak

1. Jadilah teladan untuk anak-anak

Sebelum memerintahkan anak, sebagai orang tua kita harus lebih dulu menjalankannya. Misalkan, kita perintahkan anak untuk sholat, maka sebagai orang tua kita juga tidak meninggalkan sholat 5 waktu. Mereka harus melihat orangtuanya sholat tepat waktu.

2. Beri semangat alih-alih hukuman

Ketika kita meminta anak-anak kita untuk sholat, berpuasa, dan memakai jilbab, ketimbang  memberi tekanan besar kepada mereka untuk melakukannya, alangkah lebih baik jika kita memberikan dorongan dengan kelembutan. Selain itu, tetap memohon kepada Allah agar anak-anak kita dibimbing dengan cara yang benar.

Jangan sampai, karena cara kita yang salah, misalnya menghukum mereka, justru akan membuat mereka marah dan justru membuat merteka membenci Islam.

3. Mendidik, mendidik, dan mendidik

Pendidikan adalah kunci, dan itu datang dari kita, orang tua mereka. Kita tidak bisa menyerahkan sepenuhnya kepada para ustadz-ustadzah di masjid, para guru di sekolah, tetapi kita juga harus melakukan peran sebagai orang tua yang mendidik anak-anak ketika di rumah.

“Ketika putri saya mengajukan pertanyaan kepada saya tentang kewajiban agama kami, saya menjelaskan kepadanya sebanyak mungkin, dan jika saya tidak tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, saya mencari tahu,” kata Taylor.

Di sisi lain, jika kita membesarkan anak-anak kita dengan cara yang menindas, mengamalkan Islam akan terasa seperti hukuman bagi mereka. Kita perlu menanamkan nilai-nilai Islam pada anak-anak kita dan memastikan mereka menjalankannya dengan mengambil jalan tengah.

“Menjadi terlalu kuat atau terlalu lunak bukanlah caranya. Kita perlu mengikuti jalan tengah. Dengan begitu, kita akan membesarkan anak-anak yang baik dan seimbang yang memahami agamanya dengan baik,” jelas Taylor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement