Kamis 25 Jan 2024 18:41 WIB

Nabi Muhammad SAW Jelaskan Doa adalah Otak dan Ruh dari Ibadah

Jenis ibadah yang terbaik adalah menunggu saat sholat wajib tiba.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Berdoa di Kubah Hijau
Foto: Antara/Saptono
Ilustrasi Berdoa di Kubah Hijau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali atau yang dikenal sebagai Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin mengutip beberapa hadits atau sabda Nabi Muhammad SAW terkait doa. Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menjelaskan bahwa doa adalah ruh dari ibadah dan Allah SWT menyukai orang yang berdoa kepada-Nya.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Doa adalah otak ibadah." Kemudian Nabi Muhammad SAW membacakan firman Allah SWT.

Baca Juga

BACA JUGA: Urutan Bacaan Tahlil atau Tahlilan Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

 

Wa qāla rabbukumud‘ūnī astajib lakum, innal-lażīna yastakbirūna ‘an ‘ibādatī sayadkhulūna jahannama dākhirīn(a).

Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Gafir Ayat 60) (HR Imam Al Hakim dan Imam At-Tirmidzi)

Nabi Muhammad SAW juga bersabda, "Doa adalah ruh dari ibadah." (HR Imam At-Tirmidzi)

Dalam hadits lain, Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di mata Allah SWT daripada doa." (HR Imam At-Tirmidzi)

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement