Kamis 25 Jan 2024 16:53 WIB

Iman Terdiri Atas Sabar dan Syukur, Ini Dahsyatnya Pahala Sabar

Allah menyebut sabar dalam Alquran pada lebih dari 70 kali.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Bersabar (ilustrasi)
Foto:

Menurut Tafsir Kementerian Agama, Surat As-Sajdah Ayat 24 menerangkan bahwa Allah telah menjadikan di antara Bani Israil yang mengikuti petunjuk-petunjuk-Nya menjadi pemuka masyarakat. Di antara mereka ada yang diangkat menjadi Nabi dan Rasul yang menyampaikan petunjuk yang benar kepada kaumnya, dan ada juga di antara mereka yang dijadikan pemimpin bagi kaumnya menuju ke jalan yang benar.

Hal itu diberikan karena mereka adalah orang-orang yang beriman dan sabar melaksanakan hukum-hukum Allah. Mereka juga sabar menerima setiap cobaan yang menimpa mereka, dan mereka yakin benar akan petunjuk Allah SWT.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَاقٍۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْٓا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Apa yang ada di sisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Kami pasti akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang selalu mereka kerjakan. (QS An-Nahl Ayat 96)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗلِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ  ۗوَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ  ۗاِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa perhitungan. (QS Az-Zumar Ayat 10)

Imam Al Ghazali mengatakan bahwa ibadah-ibadah yang lain pahalanya ditentukan dan dihitung. Tapi pahala sabar tidak terhitung.

Karena puasa termasuk sabar dan karena puasa sebagian dari sabar. Maka Allah SWT berfirman dalam hadits qudsi, "Puasa itu bagian-Ku (bagian Allah), maka Aku (Allah) akan membalasnya." (HR Imam Al-Bukhari)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement