Senin 22 Jan 2024 04:48 WIB

Menyerahkan Amanah Bukan ke Ahlinya, Salah Satu Tanda Kiamat? 

Amanah harus dijaga dan dijalankan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa agar dimudahkan menjalankan amanah.
Foto: Dok. Sgm
Ilustrasi berdoa agar dimudahkan menjalankan amanah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam Islam ditekankan bahwa ketika hendak mengamanahi suatu hal, maka amanah tersebut harus diberikan kepada orang yang tepat dan ahli. Jangan sampai amanah itu diberikan ke orang yang bukan ahlinya. 

Maraknya pemberian amanah bukan ke ahlinya pada era modern ini apakah menjadi salah satu tanda-tanda kiamat? Sebagaimana diketahui, tanda-tanda kiamat dapat dikenali dengan terbagi menjadi dua; yakni tanda-tanda kiamat sugra (kecil) dan kubra (besar). 

Baca Juga

Dalam buku Prediksi Akhir Zaman karya Muhammad Abduh Tuasikal dijelaskan, tanda-tanda kiamat sugra pernah terjadi dan bahkan ada yang terulang. Misalnya, tanda kiamat sugra yang pernah terjadi dan telah berakhir adalah diutusnya Nabi Muhammad SAW dan terbelahnya bulan.

Adapun tanda kiamat sugra yang terus-menerus terjadi dan berulang contohnya adalah menyerahkan amanah kepada orang yang bukan ahlinya. Lalu muncul para pendusta yang mengaku sebagai Nabi, munculnya wanita-wanita yang berpakaian namun hakikatnya telanjang, serta merebaknya perzinahan.

Meski demikian, tanda-tanda kiamat sugra yang belum terjadi juga ada. Perlu dipahami bahwa hari kiamat dan hancurnya dunia adalah suatu hal yang pasti terjadi dan wajib dipercaya umat Islam.

Keyakinan seperti ini sudah semestinya menjadi akidah bagi setiap Muslim, hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran Surat Ar-Ra’du ayat 2, “Yudabbiru al-amra yufasshilu al-aayati la’allakum bi-liqaai Rabbakum tuqinuna."

Yang artinya, “Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuanmu dengan Rabbmu."

Untuk itu, menyongsong hari kiamat maka dimunculkanlah pesitiwa-peristiwa besar yang disebut dengan asyhrathus-saa’ah (tanda-tanda kiamat). Para ulama menjelaskan tanda-tanda itu dan dikelompokkan ke dalam kiamat sugra serta kubra yang setiap dari itu diperinci lagi menjadi beberapa bagian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement