Ahad 21 Jan 2024 06:56 WIB

Malaikat Penjaga Neraka Perlihatkan kepada Rasulullah SAW, Begini Gambarannya

Rasulullah SAW melihat langsung neraka saat peristiwa Isra Miraj

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Neraka. Rasulullah SAW melihat langsung neraka saat peristiwa Isra Miraj
Foto:

Ibnu Ishaq berkata, “Sebagian pakar bercerita kepadaku dari orang yang berbicara dengan Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda, ‘Para malaikat menyambut kedatanganku pada saat aku tiba di langit dunia. Semua dari para malaikat, tersenyum dan memberi kabar gembira kepadaku, dia tidak tertawa dan tidak tampak wajah gembira padanya sebagaimana yang terlihat pada malaikat-malaikat yang lain. 

Baca juga: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

Aku bertanya kepada Malaikat Jibril, “Wahai Jibril, siapakah malaikat ini? Malaikat Jibril berkata kepadaku, “Dia adalah malaikat penjaga neraka.” Aku bertanya kepada Jibril dan kedudukan Malaikat Jibril di sisi Allah seperti yang pernah dijelaskan Allah kepada kalian, Yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya. (QS At Takwir ayat 21). 

Dan bisakah dia memperlihatkan kepadaku?” Malaikat Jibril berkata, “Ya.” Kemudian Malaikat Jibril berkata, ‘Wahai malaikat perlihatkanlah neraka kepada Muhammad.” Malaikat penjaga neraka pun membuka pintu neraka. Api neraka tersebut menyala-nyala sehingga aku menduga bahwa ia pasti akan menghanguskan apa saja yang saya saksikan. 

Aku berkata kepada Malaikat Jibril, “Wahai Jibril, perintahkan malaikat tersebut untuk menutup kembali pintu neraka ke seperti semula.” Malaikat Jibril pun memerintahkan kepada malaikat penjaga neraka dengan berkata kepadanya, ‘Padamkanlah neraka itu.” Kemudian neraka kembali seperti sedia kala. 

photo
Infografis Tiga Hal Penting dalam Isra Miraj - (Infografis Republika)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement