Kamis 18 Jan 2024 07:23 WIB

Sedang Terpuruk? Ingat 4 Pesan Nabi Tentang Bagaimana Karakter Dunia Sesungguhnya     

Hidup di dunia penuh dengan rahasia Allah SWT

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Siluet seorang nelayan berdoa setelah melaksanakan shalat Isya di atas kapal saat bulan puasa Ramadhan, di Karachi, Pakistan, (27/3/2023).
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Siluet seorang nelayan berdoa setelah melaksanakan shalat Isya di atas kapal saat bulan puasa Ramadhan, di Karachi, Pakistan, (27/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW yang isinya mengulas tentang dunia. Hadits-hadits ini berisi tentang pesan Nabi SAW soal bagaimana seorang Muslim bersikap terhadap dunia. 

Hadits tersebut juga bisa menjadi dasar untuk memotivasi setiap Muslim agar tidak menyerah dan tetap gigih dalam mengarungi kehidupan di dunia. Berikut ini hadits Nabi Muhammad SAW tentang keduniaan. 

Baca Juga

1. Incar akhirat, dunia menghampiri

 من كانتِ الآخرةُ هَمَّهُ جعلَ اللَّهُ غناهُ في قلبِهِ وجمعَ لَه شملَهُ وأتتهُ الدُّنيا وَهيَ راغمة، ومن كانتِ الدُّنيا همَّهُ جعلَ اللَّهُ فقرَهُ بينَ عينيهِ وفرَّقَ عليهِ شملَهُ، ولم يأتِهِ منَ الدُّنيا إلَّا ما قُدِّرَ لَهُ  

 

"Siapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuannya, maka Allah akan menjadikan kekayaan berada di dalam hatinya, Allah akan mengumpulkan (memudahkan) baginya urusannya, dan dunia akan mendatanginya dalam kondisi rendah dan hina. Siapa yang menjadikan dunia sebagai tujuannya, maka Allah akan menjadikan kemiskinan selalu berada di depan kedua matanya, Allah akan mencerai-beraikan urusannya, dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali apa yang telah ditakdirkan untuknya." (HR Tirmidzi, diriwayatkan dari jalur Anas bin Malik RA)

2. Tidak hanyut dalam kenikmatan dunia

Pesan selanjutnya dari Rasulullah SAW yaitu peringatan beliau untuk tidak hanyut dalam menikmati segala kenikmatan dunia. Sebab menikmati kenikmatan dunia hanya akan membuat seseorang jauh dari kenikmatan surga.

قال الرّسول -صلّى الله عليه وسلّم-: (إن كنتُم تحبُّونَ حِلْيَةَ الجنَّةِ و حريرَها فلا تلبَسوها في الدُّنيا).

Rasulullah SAW bersabda, "Jika kalian ingin perhiasan surga dan sutranya, maka janganlah kalian memakainya di dunia." (Shahih Al Jami, diriwayatkan dari 'Uqbah bin 'Amir)

3. Dunia itu tidak ada apa-apanya di sisi Allah SWT 

قال الرّسول -صلّى الله عليه وسلّم-: (لو كانتِ الدُّنيا تعدلُ عندَ اللهِ جناحَ بعوضةٍ ما سقى كافرًا منها شربةَ ماءٍ).

Rasulullah SAW bersabda, "Seandainya dunia di sisi Allah nilainya sebanding dengan sayap nyamuk, maka tentu Allah tidak akan memberikannya kepada orang-orang kafir meski hanya setetes air." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah, diriwayatkan dari Sahl bin Saad Al Sa'adi)

Hadits itu menunjukkan bahwa dunia itu kecil dan ringan serta tidak ada apa-apanya di sisi Allah SWT. Dunia bahkan tidak sebanding dengan berat atom, dan tidak sebanding dengan apa pun. 

Di sisi lain...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement