Selasa 16 Jan 2024 19:37 WIB

Sudah Sering Berzina, Lalu Bagaimana Caranya Tobat? Ini Kata Syekh Yusuf Al Qaradhawi

Tobat merupakan anjuran yang sangat ditekankan untuk Muslim.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Tobat/Ilustrasi. Tobat merupakan anjuran yang sangat ditekankan untuk Muslim
Foto:

Tobat nasuha menghapuskan dosa-dosa seseorang, sebagaimana air membersihkan kotoran. Orang yang bertobat dari suatu dosa ibarat orang yang tidak berdosa. Dikatakan dalam Alquran: 

 إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS Al Baqarah ayat 222).

Kedua, memohon ampunan kepada Allah SWT (beristighfar). Memohon ampun, yang berbagai bentuknya telah disebutkan dalam Alquran dan Hadits. Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يَّعْمَلْ سُوْۤءًا اَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهٗ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللّٰهَ يَجِدِ اللّٰهَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا "Dan barangsiapa berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya dia akan mendapatkan Allah Mahapengampun, Mahapenyayang." (QS An Nisa ayat 110).

Baca juga: 5 Pilihan Doa Ini Bisa Jadi Munajat kepada Allah SWT Perlancar Rezeki

Ketiga, melakukan amal ibadah, mulai dari sholat, puasa, sedekah, haji, umroh, berbakti pada orang tua, zikir, doa, membaca Alquran, dan amal shaleh lain. Allah SWT berfirman:

وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ الَّيْلِ ۗاِنَّ الْحَسَنٰتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّاٰتِۗ ذٰلِكَ ذِكْرٰى لِلذّٰكِرِيْنَ

"Dan laksanakanlah salat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah)." (QS Hud ayat 114).

Ingat pula bahwa zina tidak hanya dosa besar, tetapi juga menimbulkan banyak kerusakan lainnya. Di antaranya merusak garis keturunan. Anak yang lahir dari hubungan perzinahan tidak bisa mendapatkan nasab atau garis keturunan dari ayah kandungnya atau ayah biologisnya sehingga, ayah kandungnya tidak diperkenankan menjadi wali dan memberikan hak waris kepada anak-anaknya yang lahir tersebut.

Zina juga menimbulkan kegelisahan di masyarakat. Pelaku zina tentu akan malu jika ketahuan sampai hamil dan menjadi aib bagi dirinya maupun keluarganya bahkan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Perbuatan zina akan menimbulkan kegelisahan di dalam masyarakat karena kehormatan yang ternodai.

 

Sumber: islamweb, alqaradhawi 

photo
Waktu terbaik bertobat. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement