Selasa 16 Jan 2024 19:37 WIB

Sudah Sering Berzina, Lalu Bagaimana Caranya Tobat? Ini Kata Syekh Yusuf Al Qaradhawi

Tobat merupakan anjuran yang sangat ditekankan untuk Muslim.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Tobat/Ilustrasi. Tobat merupakan anjuran yang sangat ditekankan untuk Muslim
Foto: Republika/Prayogi
Tobat/Ilustrasi. Tobat merupakan anjuran yang sangat ditekankan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Manusia diciptakan dalam keadaan lemah. Terus-menerus melakukan kesalahan, kelalaian, kemaksiatan, dan bahkan zina. Karena itu, Allah SWT membukakan pintu tobat yang seluas-seluasnya kepada para hamba-Nya. 

Adapun seorang hamba terbuka pintu baginya untuk bertobat, termasuk tobat dari zina. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَاللّٰهُ يُرِيْدُ اَنْ يَّتُوْبَ عَلَيْكُمْ ۗ وَيُرِيْدُ الَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الشَّهَوٰتِ اَنْ تَمِيْلُوْا مَيْلًا عَظِيْمًا

"Dan Allah hendak menerima tobatmu, sedang orang-orang yang mengikuti keinginannya menghendaki agar kamu berpaling sejauh-jauhnya (dari kebenaran)." (QS An Nisa ayat 27). Dalam surat lain, Allah SWT berfirman: 

 

۞ قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُمُ

"Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Mahapengampun, Mahapenyayang." (QS Az Zumar ayat 53).

Alquran menyebut tobat dan memohon ampun dalam banyak ayat dan surat yang berbeda. Ini membuka pintu harapan bagi para pendosa dalam bertobat dan memohon ampunan serta menggantinya dengan amal saleh.

Ulama Dr Yusuf Al Qaradhawi menjelaskan, dosa-dosa besar tidak bisa ditebus kecuali dengan tobat nasuha. Dalam tobat nasuha ini, syarat-syaratnya harus dipenuhi.

Cara tobat dari zina, adalah dengan menyesal sepenuhnya atas apa yang dilakukan, menjauhkan diri dari perbuatan dosa tersebut, dan tekad bulat untuk tidak kembali pada perbuatan dosa itu serta tidak mendekati sumber-sumber yang mendatangkan dosa tersebut.

Orang yang melakukan tobat ini, maka ia seperti orang yang tidak berdosa, sebagaimana hadits berikut:

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "التائب من الذنب كمن لا ذنب له"، رواه ابن ماجه

Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang bertobat dari suatu dosa ibarat orang yang tidak berdosa." (HR Ibnu Majah).

Al Qaradhawi juga berpesan tentang bagaimana cara tobat. Pertama adalah dengan bertobat secara ikhlas, atau tobat nasuha yakni tobat dengan sebenar-benarnya tobat.

Tobat nasuha menghapuskan...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement