Selasa 16 Jan 2024 14:37 WIB

Keistimewaan Bulan Rajab yang Harus Kita Ketahui

Rajab merupakan bulan persiapan menuju Ramadhan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi memperbanyak ibadah sejak Bulan Rajab.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Ilustrasi memperbanyak ibadah sejak Bulan Rajab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selalu ada kerinduan menyambut Bulan Suci Ramadhan. Orang sholeh dahulu sudah memulai persiapan Ramadhan sejak Bulan Rajab. Mereka membiasakan diri berpuasa sunnah dan memperbanyak amalan sholeh, sehingga ketika Ramadhan tiba, mereka tambah dan optimalkan ibadah dan segala amal kebajikan.

Bulan Rajab 1445 H dimulai dari tanggal 13 Januari 2024 dan berakhir pada tanggal 10 Februari 2024 berdasarkan Kalender Hijriah Kementerian Agama RI. Apa keistimewaan bulan ini?

Baca Juga

Bulan Rajab juga disebut dengan "Rajab Al Fard", karena terpisah dari tiga bulan haram (suci) yang lain. Tiga bulan ini ialah Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram.

Ada empat bulan haram, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS. At Taubah ayat 36)

1. Terpisah Di Antara 4 Bulan Haram

Bulan Rajab termasuk bulan haram di antara 4 bulan itu, tetapi Rajab tidak bersanding dengan tiga bulan lain yang datangnya berturut-turut. Rajab muncul lima bulan setelah Muharram. Lima bulan yang menyelinginya yakni bulan Safar, Rabiul Awwal, Rabiul Akhir, Jumadil Awwal dan Jumadil Akhir.

2. Isra Miraj Terjadi di Bulan Rajab

Di bulan Rajab terjadi mukjizat terbesar yang Allah SWT berikan kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu Isra Miraj. Mengenai perjalanan Isra, diabadikan dalam Firman Allah SWT berikut ini:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

"Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS. Al Isra ayat 1)

Sedangkan perjalanan Miraj, diabadikan dalam Surat An Najm ayat 7-18. Mukjizat perjalanan ini adalah bentuk pemuliaan kepada Rasulullah SAW dan juga untuk menguatkan hati beliau serta mengenalkannya pada kerajaan langit dan bumi.

Perjalanan ini juga merupakan hiburan yang luar biasa bagi Rasulullah, setelah pamannya wafat yakni Abu Thalib, dan istrinya, Khadijah, pada tahun yang disebut Tahun Kesedihan itu.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement