Selasa 16 Jan 2024 17:05 WIB

Anak Bertanya Mengapa Allah tidak Tidur, Quraish Shihab Sarankan Orang Tua Jawab Begini

Pertanyaan sederhana dan polos memang sering muncul dari seorang anak.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sekeluarga mengaji.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi sekeluarga mengaji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua terkadang dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit dijawab tentang Allah dari anaknya. Salah satu pertanyaan yang sulit dijawab adalah mengapa Allah tidak pernah tidur?

Pertanyaan sederhana dan polos memang sering muncul dari seorang anak. Pertanyaan polos tentang Allah memang wajar karena anak mempunyai tingkat keingintahuan yang tinggi. Maka dari itu, orang tua perlu mempunyai pengetahuan untuk menjawabnya.

Baca Juga

Ahli tafsir Alquran M. Quraish Shihab dalam bukunya Menjawab Pertanyaan Anak tentang Islam menjelaskan tentang jawaban mengapa Allah tidak pernah tidur, sedangkan manusia tidur. Menurutnya, karena Allah Mahakuasa.

Allah adalah pencipta segala sesuatu di bumi ini. Adapun manusia mempunyai kemampuan terbatas.

Batas kekuatan manusia terbatas. Dia memerlukan waktu istirahat agar tubuhnya kembali segar setelah melalukan aktivitas satu hari penuh.

Bahkan manusia akan tetap tidur walaupun punya keinginan tidak akan tidur. Tubuh manusia akan lemah ketika memaksakan tidak tidur. Karenanya banyak ditemui orang tertidur dengan sendirinya meskipun berusaha menahan kantuk.

Kelemahan manusia...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement