Selasa 16 Jan 2024 00:31 WIB

Tiga Fakta dan Tiga Hal yang Harus Dilakukan di Bulan Rajab

Ada amalan sunnah puasa di bulan Rajab.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Hidangan berbuka puasa rajab (Foto: ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Hidangan berbuka puasa rajab (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Bulan Rajab meski termasuk salah satu dari empat bulan suci, namun keistimewaan bulan Rajab dibayangi oleh kemeriahan menyambut Ramadhan.

Di bawah ini adalah beberapa fakta singkat yang akan membuat umat Islam senang mengetahui tentang bulan Rajab. Serta hal-hal yang dapat dilakukan Muslim untuk mendapatkan berkah selama bulan Rajab.

Baca Juga

Artikel yang dipublikasikan laman About Islam pada Januari 2023, menjelaskan tiga fakta yang perlu diketahui tentang bulan Rajab.

1. Dosa di Bulan Rajab

Melakukan dosa di bulan Rajab lebih berat karena dianggap menodai bulan suci. Allah SWT telah memilih dan memilih empat bulan kemudian menjadikannya suci dan menjadikan keutamaannya sebagai yang terbesar. Tentu dosa yang dilakukan di dalamnya akan lebih besar dari waktu lainnya.

2. Bersemangatlah di Bulan Rajab

Perbuatan baik juga memiliki bobot yang lebih berat dan mendapatkan pahala yang besar selama bulan Rajab.

3. Jadilah Baik

Selama bulan Rajab, perang dan pertempuran tidak diperbolehkan. Praktik ini dibawa oleh orang Arab dari era pra-Islam, karena mereka akan menyarungkan senjata mereka selama hari-hari di bulan Rajab. Ini adalah amalan tahunan yang baik sehingga Allah menetapkannya untuk tetap seperti itu ketika Islam datang.

Konsep pertempuran itu komprehensif, bisa merujuk pada melawan amarah, melawan depresi, melawan kebiasaan buruk, melawan ketidakadilan, dan lain sebagainya.

Mengenai tiga hal yang harus dilakukan selama bulan Rajab adalah sebagai berikut ini, karena Rajab benar-benar berkah. Bulan Rajab datang lebih dulu kemudian Syaban selanjutnya Ramadhan. Maka Rajab bisa dikatakan sebagai bulan persiapan menuju Ramadhan. 

1. Mulailah Mengontrol Nafsu di Bulan Rajab

Karena dosa dan amal yang dilakukan lebih berlipat ganda selama bulan Rajab, maka inilah momen untuk mengurangi dosa-dosa. Mulai kendalikan nafsu dengan lebih baik dan benar.

“Perbuatan-perbuatan (yakni kesempurnaan dan pahala) bergantung pada niat. Tergantung pada niat.” (HR Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim)

2. Carilah Kedamaian di Bulan Rajab

Mengingat Rajab adalah bulan tanpa pertempuran, jangan lakukan itu. Latih perilaku terbaik, dan jangan biarkan setan merusak hubungan kamu.

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Arab-Latin: wa mā khalaqtul-jinna wal-insa illā liya'budụn

Artinya: Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Surat adz-Dzariyat Ayat 56)

3. Puasa di Bulan Rajab

Apakah kamu melewatkan puasa atau tidak, puasa akan memberi kamu lebih banyak berkah dari biasanya. Tentu saja di bulan Rajab ini pemanasan atau latihan persiapan yang bagus untuk Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement