Senin 15 Jan 2024 19:47 WIB

Ahli Hikmah Ungkap Enam Hal yang Harus Ditakuti Muslim

Siapapun yang tidak mohon pertolongan kepada Allah, tidak selamat dari hasad.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Muslim Pakistan berdoa.
Foto:

4. Memelihara amal

Orang yang tidak mau memelihara amalnya, maka ia tidak akan selamat dari perbuatan riya. Sebagaimana yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai berikut.

Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah mencampuradukkan antara ketaatan kepada Allah dengan keinginan untuk dipuji orang lain, maka rusaklah amal perbuatanmu." (HR Ad Dailami)

5. Memohon pertolongan Allah

Orang yang tidak memohon pertolongan kepada Allah untuk memelihara hatinya, maka ia tidak akan selamat dari perbuatan hasud. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ad Dailami berikut ini.

Rasulullah SAW bersabda, "Perbuatan dengki (hasud) itu dapat merusakkan iman, sebagaimana jadam dapat merusakkan madu."

6. Orang yang sombong

Orang yang tidak mau melihat kepada orang yang lebih utama ilmunya dan amal perbuatannya, maka ia tidak akan selamat dari perbuatan sombong. Kaitannya dengan ini Rasulullah SAW telah bersabda, "Barangsiapa yang memuji dirinya sendiri atas amal shalehnya, maka sungguh sesatlah syukurnya dan rusaklah amal perbuatannya." (HR Abu Nu'aim)

Imam Daruquthni juga telah meriwayatkan sabda Nabi Muhammad SAW, "Tidak termasuk perbuatan yang baik, seseorang yang menampakkan ucapan dengan lidahnya, sedang ujub sikap sombongnya melekat dalam hatinya."

Ad Dailami juga telah meriwayatkan dari jalur lain bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya ujub (sikap sombong) itu akan merusak amal selama tujuh puluh tahun."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement