Senin 15 Jan 2024 19:47 WIB

Ahli Hikmah Ungkap Enam Hal yang Harus Ditakuti Muslim

Siapapun yang tidak mohon pertolongan kepada Allah, tidak selamat dari hasad.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Muslim Pakistan berdoa.
Foto:

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Keuntungan besar bagi orang yang dapat mengendalikan lisannya, merasa cukup luas berada di rumah sendiri, dan menangis karena menyesali kesalahannya." (HR. Thabrani)

2. Takut bertemu dengan Allah

Orang yang tidak takut bertemu dengan Allah, maka hatinya tidak akan selamat dari perkara yang haram dan syubhat. Perkara yang haram dibedakan menjadi dua yaitu haram karena zatnya, yaitu barang-barang yang zatnya memang diharamkan oleh Allah.

Misalnya darah, bangkai (selain hati dan limpa dan selain bangkai ikan dan belalang) dan lain sebagainya. Barang- barang ini tetap haram untuk selamanya. Ia dapat menjadi halal, jika dimakan dalam keadaan darurat (sekadar untuk mempertahankan nyawa).

Haram karena adanya sebab lain, yakni barang yang zatnya halal, tetapi karena adanya faktor dari luar, maka barang itu menjadi haram. Misalnya, air dan nasi, meskipun asalnya halal tapi bisa menjadi haram karena adanya faktor dari luar, misalnya diperoleh dari hasil curian.

3. Takut pada tamak

Orang yang tidak putus harapan dari makhluk, niscaya ia akan terjerumus ke dalam kerakusan. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda, "Mohonlah olehmu perlindungan kepada Allah dari sikap tamak (kerakusan) yang membawa kepada kekejian, tamak yang menuntun pada sesuatu yang tidak dapat diharapkan, dan tamak yang semestinya tidak perlu ditamakkan." (HR Imam Ahmad, Thabrani dan Hakim)

Memelihara amal...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement