Ahad 14 Jan 2024 09:55 WIB

Kisah Nabi Muhammad Tegur Imam Sholat Baca Surat dan Ayat yang Panjang

Nabi Muhammad mengimbau imam sholat perhatikan jamaahnya.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah sholat.
Foto:

Imam Syafi’i berpendapat apabila suatu kaum berkumpul di suatu tempat tanpa ada wali di antara mereka, maka hendaklah mereka menunjuk imam sholat berdasarkan beberapa syarat. Antara lain orang yang paling baik bacaan Alqurannya, paling fakih, dan paling tua di antara mereka.

Jika semua sifat itu tidak terhimpun pada seorang pun dari mereka, maka yang harus mereka pilih adalah orang yang paling fakih. Kalau orang itu memiliki kemampuan membaca yang cukup bagi sahnya sholat. Dan menjadi baik jika mereka menunjuk orang yang paling bagus bacaannya di antara mereka jika orang itu memiliki pengetahuan fikih yang diharuskan berkenaan dengan sholat.

 

Adalah baik pula bagi mereka jika menunjuk orang yang memiliki kedua sifat tadi daripada orang tua di antara mereka. Para imam di masa lalu masuk Islam ketika mereka sudah tua, sehingga mereka menguasai fikih sebelum bacaan Alquran mereka bagus, sedangkan generasi setelahnya justru sudah belajar Alquran sejak belia sehingga banyak dari mereka yang menguasai fikih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement