Ahad 14 Jan 2024 09:55 WIB

Kisah Nabi Muhammad Tegur Imam Sholat Baca Surat dan Ayat yang Panjang

Nabi Muhammad mengimbau imam sholat perhatikan jamaahnya.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah sholat.
Foto: Dok. Pribadi/Asep Wijaya
Ilustrasi jamaah sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Syariat Islam adalah syariat yang memudahkan umatnya, meski tidak boleh diartikan bahwa syariat itu dapat digampang-gampangkan dengan semena-mena. 

Syariat Islam mengatur bagaimana ibadah individual dan ibadah sosial dapat  berjalan beriringan tanpa tumpang tindih. Maka itu, jika seseorang terkesan membuat umat menjauh atau bahkan kelelahan menjalankan syariat, Rasulullah sendiri yang akan menegurnya. 

Baca Juga

Hal ini sebagaimana yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Sebagai contoh, beliau pernah menegur sahabatnya, yakni Muadz bin Jabal, ketika mengimami jamaah sholat dengan bacaan surat-surat panjang.

Karena terlalu sering Muadz melakukan hal itu, seorang jamaahnya datang dan mengadukan hal tersebut kepada Rasulullah. Dengan seketika, beliau pun memanggil Muadz dan menegurnya.

 

Dalam beberapa riwayat diceritakan, Rasulullah menegur Muadz dengan kata-kata yang baik sambil menasihatinya. Bahwa ketika seorang imam mengambil alih jamaah, maka hal yang perlu dilakukannya adalah mempertimbangkan kondisi jamaah.

Bahwa tak seluruh jamaah memiliki kemampuan fisik yang kuat dalam mengikuti gerakan imam. Sehingga dianjurkan ketika jamaah berlangsung, para imam jangan terlalu membaca surat yang panjang.

Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imam Muslim berikut,  “Aturidu an takuna fattanan ya mua’adzu idza amamta an-nasa faqra’ bisyamsyi wa dhuhaha. Wa sabbih-sma rabbikal-a’la. Waqra’ bismirabbika, wallaili idza yagsya."

Yang artinya, “Apakah engkau ingin membuat orang lari dari agama, wahai Muadz? Jika engkau mengimami orang-orang, bacalah Surat Asy-Syams, Adh-Dhuha, Al-A’laa, Al-Alaq, atau Al-Lain."

Syarat menjadi imam sholat

Lihat halaman berikutnya >>>

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement