Sabtu 13 Jan 2024 18:53 WIB

Tingkakan Ibadah Mulai dari Bulan Rajab Sampai Ramadhan

Nabi Muhammad SAW banyak meningkatkan ibadah di bulan Rajab.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh
Foto: www.freepik.com
Puasa Ramadhan (ilustrasi). Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pakar Islamic Social Finance, KH Wahfiudin Sakam menyampaikan bahwa pada Sabtu (1/1/2024) bertepatan dengan 1 Rajab 1445 Hijriyah. Setelah Rajab, bulan Syaban, kemudian bulan Ramadhan.

"Tiga bulan ini sangat istimewa yakni Rajab, Syaban dan Ramadhan adalah bulan-bulan yang penuh kemulian," kata Kiai Wahfiudin dalam Webinar Ramadhan Ready 2024, Sabtu (1/1/2024).

Baca Juga

Kiai Wahfiudin mengatakan, Nabi Muhammad SAW banyak meningkatkan ibadah di bulan Rajab. Lebih meningkatkan lagi ibadahnya di bulan Syaban, dan maksimal ibadah pada bulan Ramadhan.

Ia menjelaskan, dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa Rasulullah SAW tidak terlihat puasa begitu banyak di luar bulan Ramadhan, kecuali di bulan Rajab dan Syaban.

"Oleh sebab itu mari kita giat meningkatkan ibadah, mulai pemanasan menambah puasa-puasa sunnah dan sholat sunnah, meningkatkan sedekah dan membaca Alquran menjelang Syaban dan Ramadhan," ujar Kiai Wahfiudin.

Kiai Wahfiudin juga mengingatkan, kaum perempuan yang punya utang puasa Ramadhan tahun lalu, jangan menunda membayarnya, nanti keburu tiba bulan Ramadhan tahun ini.

Puasa Ramadhan wajib, bagian dari rukun Islam. Seringkali karena Ramadhan diakhiri dengan zakat, maka seringkali zakat dikaitkan dengan puasa Ramadhan. Padahal, 26 ayat di dalam Alquran mengaitkan zakat dengan sholat. Tegakan sholat dan tunaikan zakat.

Suatu ketika, Rasulullah SAW didatangi malaikat Jibril, kemudian malaikat Jibril mengajari Nabi Muhammad SAW tentang rukun Islam. Yakni, bersyahadat, sholat, zakat, puasa Ramadhan, dan menunaikan haji.

"Zakat dikaitkan dengan sholat, namun karena kurangnya literasi di masyarakat, maka banyak masyarakat yang mengaitkan zakat dengan Ramadhan karena kebiasaan praktisnya menjelang akhir Ramadhan dilakukan pembayaran zakat, sehingga orang mengaitkan zakat dengan puasa Ramadhan," jelas Kiai Wahfiudin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement