Sabtu 13 Jan 2024 11:19 WIB

Ziarah ke Makam Sa’ad bin Abi Waqqash, Sosok Penyebar Islam di Negeri Tirai Bambu

Sa'ad bin Abi Waqqash merupakan sahabat Nabi Muhammad.

Peziarah berdoa di depan makam sahabat Nabi Muhammad SAW, Saad bin Abi Waqqash, Selasa (11/1/2024). Area makam tersebut ramai dikunjungi umat Islam yang sedang berkunjung ke Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China.
Foto:

Situs makam Sa’ad bin Abi Waqqash menjadi area nyaman untuk berziarah. Area makam dipenuhi dengan pepohonan subur yang tumbuh di sebelah kanan dan kiri jalan setapak. Suasana yang asri dan bersih membuat peziarah betah berlama-lama di sana.

Di area makam juga terdapat sumur Shabi yang juga diyakini telah berusia sekitar 1300 tahun. Sumur ini tetap dipertahankan untuk mengingat Sa’ad bin Abi Waqqash. Pihak pengelola masjid menyediakan gelas sekali pakai yang bisa dipakai pengunjung untuk meminum air sumur tersebut. 

photo
Pintu masuk area makam sahabat sekaligus Paman Nabi Muhammad SAW, Sa’ad bin Abi Waqqash yang berada di Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China. - (Qommarria Rostanti / Republika)

 

Salah satu peziarah bermarga Yang, pertama kali berziarah ke Makam Sa’ad bin Abi Waqqash. Pria yang berasal dari Provinsi Ningxia ini mengetahui situs tersebut dari warga Muslim Ningxia yang lebih dulu berkunjung. 

“Saya sudah beberapa hari di sini, khususnya untuk berziarah. Tidak mau langsung balik, mau beberapa lama lagi di sini,” ujarnya yang datang bersama keluarga.

Selain makam Sa’ad bin Abi Waqqash, di sana juga terdapat beberapa makam pendukung perjuangan Sa’ad ketika menyebarkan Islam di Negara Tirai Bambu. Rais Syuriyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Tiongkok, Ahmad Syaifuddin Zuhri, mengatakan ajaran Islam pertama kali tiba di China ketika Sa'ad dan tiga sahabatnya berlayar ke China dari Ethopia pada 616 masehi. “Setelah sampai di China, Sa'ad kembali ke Arab dan 21 tahun kemudian kembali lagi ke Guangzhou membawa kitab suci Alquran,” ujar penulis buku Santri Indonesia di Tiongkok ini.

 

Ada pula yang menyebutkan, ajaran Islam pertama kali tiba di China pada 615 masehi atau sekitar 20 tahun setelah Rasulullah SAW tutup usia. “Khalifah Utsman bin Affan yang menugaskan Sa’ad bin Abi Waggas untuk membawa ajaran suci Islam ke daratan China,” kata dia. Konon, Sa’ad bin Abi Waqqash meninggal dunia di China pada 635 masehi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement