Kamis 11 Jan 2024 18:24 WIB

10 Adab Berwudhu Nabi Muhammad

Tidak akan diterima sholat seseorang apabila ia tidak bersuci terlebih dahulu.

Wudhu (Ilustrasi)
Foto:

4. Menyempurnakan wudhu

Rasulullah saw bersabda: "Apabila kamu ingin mendirikan shalat maka sempurnakanlah wudhu, dan jadikanlah air di antara jari-jari tangan dan kedua kakimu." (HR. Ibnu Majah: 447)

5. Memulai dari sebelah kanan

Dari Abu Shalih dari Abu Hurairah, ia menuturkan Rasulullah saw bersabda: "Jika kalian berwudhu maka mulailah dengan yang sebelah kanan." (HR. Ibnu Majah)

6. Bersiwak sebelum berwudhu

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami Hammam dari Ali bin Zaid dari Ummu Muhammad dari Aisyah bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidaklah bangun dari tidurnya baik malam maupun siang, kecuali beliau bersiwak dahulu sebelum beliau berwudhu. (HR. Abu Dawud)

7. Bersungguh-sungguh saat memasukkan air ke dalam hidung kecuali saat berpuasa

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sulaim Ath Tha 'ifi dari Isma'il bin Katsir dari 'Ashim bin Laqith bin Shabrah dari Bapaknya ia berkata Aku berkata: "Wahai Rasulullah, kabarkanlah kepadaku tentang wudhu," beliau bersabda: "Sempurnakan wudhu dan perdalamlah dalam memasukkan air ke dalam hidung, kecuali jika engkau berpuasa." (HR. Ibnu Majah)

Selanjutnya...

sumber : Tuntunan Adab-Adab Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk Kehidupan Sehari-hari oleh Muhammad al Islam
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement