Rabu 10 Jan 2024 18:19 WIB

Umroh Sunnah Berkali-kali, Apa Hukumnya? Ini Pendapat Ulama Mazhab 

Umroh merupakan ibadah yang sangat utama.

Rep: Imas Damayanti, Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah umroh. Umroh merupakan ibadah yang sangat utama
Foto:

Jamaah umroh meningkat

Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Dr Tawfiq al-Rabiah, mengatakan terdapat peningkatan jumlah jamaah umroh internasional sepanjang 2023. 

Menurutnya, ini adalah jumlah tertinggi yang pernah diterima kerajaan. “Tahun lalu terjadi peningkatan jumlah jamaah haji sebesar 58 persen, dengan total lima juta lebih banyak jamaah dibandingkan tahun sebelumnya,” kata al-Rabiah, dilansir dari Alarabiya, Rabu (10/1/2024). 

“Saya senang menyampaikan kabar baik yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambah al-Rabiah. 

Menurut al-Rabiah, jumlah jamaah haji tertinggi yang datang dari luar Kerajaan pada 2019 adalah 8,5 juta orang. 

Sedangkan pada 2023, ditunjang dengan fasilitas yang semakin megah, sehingga mampu menampung hingga 13,5 juta peziarah umroh. 

“Tahun 2023 dan mengingat fasilitas yang diperkenalkan oleh kepemimpinan Kerajaan, jumlahnya meningkat menjadi 13.550.000 juta jamaah umrah,” kata al-Rabiah pada Konferensi dan Pameran Layanan Haji dan Umrah. 

Umroh adalah ibadah haji di tanah suci Makkah di Arab Saudi yang dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun.  Sedangkan ibadah haji hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah. 

Baca juga: 5 Pilihan Doa Ini Bisa Jadi Munajat kepada Allah SWT Perlancar Rezeki

Menurut al-Rabiah, kerajaan telah melakukan perbaikan signifikan untuk mengembangkan infrastruktur tempat suci melalui proyek-proyek yang bernilai melebihi 1,3 miliar dolar.

Beberapa pengembangan yang dilakukan termasuk penambahan 150 ribu unit AC baru untuk membantu jamaah melaksanakan ibadah haji selama bulan-bulan musim panas dan lebih dari 14 ribu toilet dan area mandi. 

photo
Infografis Agar tidak Tertipu Travel Umroh - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement