Selasa 02 Jan 2024 05:45 WIB

7 Bukti Kebenaran Islam yang tidak Bisa Terbantahkan Sepanjang Masa

Islam adalah agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi. Islam adalah agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW

Ayat tersebut menyebutkan bahwa gunung mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya guncangan pada bumi (jangan sampai terjadi pergeseran). Fakta ini tidak diketahui oleh siapa pun pada saat Alquran diturunkan. Hal ini baru terungkap baru-baru ini sebagai hasil temuan penelitian geologi modern. 

“Pegunungan mempunyai peran yang mirip dengan paku atau pasak yang menahan tenda dengan kuat. Misalnya, Gunung Everest, yang puncaknya kira-kira 9 km di atas permukaan bumi, mempunyai akar yang lebih dalam dari 125 km.” Andre Cailleux dan J Moody Stuart, Anatomi Bumi (McGraw-Hill Companies: 1968), 220.) 

Demikian pula, pegunungan meluas hingga ke lapisan permukaan yang menghubungkan garis-garis di dalam dan di bawah permukaan, dan menyatukannya.

Dengan memperbaiki kerak bumi, mereka mencegah terjadinya pergeseran di atas lapisan magma atau di antara lapisan-lapisan tersebut. Fakta ilmiah baru ditemukan baru-baru ini namun disebutkan dalam Alquran pada abad ke-7. 

5. Nabi Muhammad disebutkan dalam wahyu sebelumnya

Nabi Muhammad disebutkan berkali-kali dalam Perjanjian Lama dan Baru. Di beberapa tempat namanya diterjemahkan sebagai penghibur. Ini adalah nama Muhammad yang diterjemahkan. 

Menurut Dr Zakir Naik, “kata ‘Comforter/Penghibur’ digunakan dalam terjemahan bahasa Inggris dari kata Yunani “Paracletos” yang berarti pembela atau teman yang baik, bukan penghibur. “Paracletos” adalah pembacaan yang salah untuk “Periclytos”.  

Yesus atau Nabi Isa As sebenarnya menubuatkan Ahmed dengan namanya. Bahkan kata Yunani “Paraclete” mengacu pada Nabi SAW yang merupakan rahmat bagi semua makhluk.” 

Hal ini juga disebutkan dalam Yesaya 29:12: dan apabila kitab itu diberikan kepada seorang yang tidak dapat membaca dengan mengatakan: "Baiklah baca ini," maka ia akan menjawab: "Aku tidak dapat membaca." 

Kita pun mengetahui kisah ketika Malaikat Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW di Gua Hirah dan memerintahkan Muhammad untuk “Membaca” dan Muhammad menjawab bahwa dia tidak bisa membaca atau “Saya tidak terpelajar”. 

6. Bukti kenabian muhammad

Setiap nabi datang dengan karakter dan akhlak yang baik. Tidak terkecuali Nabi Muhammad. Beliau dikenal sebagai orang yang amanah dan jujur bahkan di mata musuh-musuhnya. 

Setiap nabi datang dengan mukjizat. Nabi Muhammad SAW, dengan izin Allah SW juga melakukan banyak mukjizat. Pada masa kenabiannya, salah satu mukjizat beliau adalah beliau diijinkan Allah untuk membelah bulan. Allah SWT berfirman:   

اِقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ. وَاِنْ يَّرَوْا اٰيَةً يُّعْرِضُوْا وَيَقُوْلُوْا سِحْرٌ مُّسْتَمِرٌّ. وَكَذَّبُوْا وَاتَّبَعُوْٓا اَهْوَاۤءَهُمْ وَكُلُّ اَمْرٍ مُّسْتَقِرٌّ 

Artinya: "Hari Kiamat makin dekat dan bulan terbelah. Jika mereka (kaum musyrik Makkah) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, “(Ini adalah) sihir yang terus-menerus". Mereka mendustakan (Nabi Muhammad) dan mengikuti keinginan mereka, padahal setiap urusan telah ada ketetapannya." (QS Al-Qamar [54]:1-3)

Banyak orang di seluruh dunia juga menyaksikan terbelahnya bulan dan tercatat di banyak belahan dunia. 

 

Setiap Nabi mempunyai karunia mampu menyembuhkan orang sakit. Ini juga merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW. Dikatakan dalam riwayat shahih bahwa “Abdullah bin Ateek patah kakinya dan Muhammad menyembuhkannya dengan mengusapkan tangannya ke kaki itu. Abdullah mengatakan seolah-olah tidak terjadi apa-apa!”. (Shahih Bukhari). 

photo
Empat Makna Penting dalam Ayat Laqod Jaakum terkait Nabi Muhammad - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement