Jumat 29 Dec 2023 09:47 WIB

Sholat Sunnah yang Paling Utama Setelah Sholat Wajib 5 Waktu

Sholat tahajud merupakan salah satu sunnah yang sangat utama

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
shalat tahajud/ilustrasi. Sholat tahajud merupakan salah satu sunnah yang sangat utama
shalat tahajud/ilustrasi. Sholat tahajud merupakan salah satu sunnah yang sangat utama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur. Sholat tahajud juga termasuk bagian dari qiyamullail atau mendirikan malam dengan ibadah. 

Imam an-Nawawi rahimahullah, seorang ulama besar Mazhab Syafi’i  menyebutkan definisi sholat tahajud sebagai berikut. 

Baca Juga

"Para ulama mengatakan bahwa sholat tahajud adalah sholat sunnah pada malam hari setelah bangun dari tidur." (Imam an-Nawawi)

Imam ar-Ramli rahimahullah, seorang ulama besar Mazhab Syafi’iy juga menyebutkan definisi sholat tahajud sebagai berikut. Sholat tahajud adalah sholat sunnah pada malam hari setelah tidur. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

 

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

“Pada sebagian malam lakukanlah sholat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al Isra ayat 79) 

Ayat ini memerintahkan Nabi Muhammad SAW dan kaum Muslimin agar bangun di malam hari untuk mengerjakan sholat tahajud. 

Ayat ini merupakan ayat yang pertama kali memerintahkan Rasulullah SAW mengerjakan sholat malam sebagai tambahan atas sholat yang wajib. Sholat malam ini diterangkan oleh hadis Nabi Muhammad SAW: 

  أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ: أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوْبَةِ؟ قَالَ: صَلَاةُ التَّهَجُّددِ. (رواه مسلم عن أبي هريرة) 

"Bahwasanya Nabi Muhammad SAW ditanya seseorang, "Sholat manakah yang paling utama setelah sholat yang diwajibkan (sholat lima waktu).” Rasulullah SAW menjawab, “Sholat tahajud.” (HR Imam Muslim dari Abu Hurairah) 

Berdasarkan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang sahih, yang diriwayatkan dari Aisyah dan Ibnu Abbas dipahami bahwa Nabi Muhammad SAW bangun untuk mengerjakan sholat tahajud, setelah beliau tidur.  

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW ini dapat dijadikan dasar hukum bahwa sholat tahajud itu sunnah dikerjakan oleh seseorang, setelah tidur beberapa saat di malam hari, kemudian pada pertengahan malam hari ia bangun untuk sholat tahajud. 

Menurut Tafsir Kementerian Agama pada Surat Al-Isra' Ayat 79, Allah SWT menerangkan bahwa hukum sholat tahajud itu adalah sebagai ibadah tambahan bagi Rasulullah SAW di samping sholat lima waktu. Oleh karena itu, hukumnya bagi Rasulullah SAW adalah wajib, sedang bagi umatnya adalah sunnah.

photo
Infografis Keutamaan Sholat Tahajud - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement