Kamis 28 Dec 2023 00:05 WIB

Susah Bangun untuk Sholat Qobliyah dan Subuh Tepat Waktu? Coba Tips Ini

Tetapkan niat yang kuat untuk bangun lebih awal dan untuk beribadah kepada Allah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Suasana pagi hari di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa(2/5/2023). Masjid Nabawi adalah masjid suci umat Islam selain Masjidil Haram. Usai shalat subuh langit gelap perlahan berubah menjadi terang dengan rona jingga memancar dengan Indahnya menyorot langsung ke marmer. Moment dimana  matahari mulai terbit ini menambah keindahan suasana di teras masjid. Menikmati Masjid Nabawi di pagi hari adalah momen yang tidak boleh dilewatkan jamaah umroh.
Foto: REPUBLIKA/Prayogi
Suasana pagi hari di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa(2/5/2023). Masjid Nabawi adalah masjid suci umat Islam selain Masjidil Haram. Usai shalat subuh langit gelap perlahan berubah menjadi terang dengan rona jingga memancar dengan Indahnya menyorot langsung ke marmer. Moment dimana matahari mulai terbit ini menambah keindahan suasana di teras masjid. Menikmati Masjid Nabawi di pagi hari adalah momen yang tidak boleh dilewatkan jamaah umroh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah Subuh. Sholat qobliyah merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebelum sholat fardhu, seperti sholat Subuh, Zhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Sholat qobliyah Subuh dilaksanakan dua rakaat. Seperti sholat pada umumnya, terdapat niat sholat qobliyah subuh yang harus dilafalkan sebelum mengerjakannya. Berikut bacaan niatnya.

Baca Juga

Niat Sholat Qobliyah Subuh

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatash-shubhi rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta'aala

 

Artinya: “Saya niat sholat sunnah sebelum subuh dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala”.

Untuk melaksanakan sholat qobliyah Subuh ini, tentu harus bangun tidur lebih awal. Berikut tips untuk bangun menunaikan sholat qobliyah Subuh dan sholat Subuh tepat waktu.

Tips Bangun untuk Sholat Subuh Tepat Waktu

1. Niat yang Kuat

Tetapkan niat yang kuat untuk bangun lebih awal dan untuk beribadah kepada Allah. Ingatlah tujuan utamanya adalah mendekatkan diri kepada-Nya. Selain itu, mulailah dengan niat yang tulus untuk melaksanakan sholat Subuh tepat waktu sebagai bentuk ketaatan kepada Allah.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang nyaman untuk bangun, seperti sepertiga malam terakhir dari pukul 01.30 dini hari hingga masuknya waktu Subuh. Hal ini dapat membantu Anda bangun dengan lebih mudah dan lebih efektif untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah Subuh.

Nyalakan alarm...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement