Selasa 26 Dec 2023 02:25 WIB

10 Kriteria Pemimpin Ideal dalam Islam

Setiap kalian adalah pemimpin dan akan bertanggung jawab atas kepemimpinannya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Mencari Pemimpin Umat
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ilustrasi Mencari Pemimpin Umat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam memiliki seorang pemimpin terbaik sepanjang masa, yakni baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam setiap dakwahnya menyebarluaskan agama Islam, Nabi Muhammad SAW selalu menjunjung tinggi kemanusiaan.

Karenanya Nabi Muhammad dikenal sebagai rahmatan lil’alamin. Nabi Muhammad adalah seorang suri tauladan dan pemimpin yang ideal.

Baca Juga

Untuk menakar kepemimpinannya yang ideal, Nabi memiliki sıfat yang jujur, cerdas, dan dapat dipercaya. Maka, kriteria calon pemimpin yang harus dipegang oleh umat Islam adalah yang mendekati keteladanan kepemimpinan Nabi Muhammad.

Dikutip dari buku Tuntunan Adab-Adab Sunnah Rasulullah SAW untuk Kehidupan Sehari-hari karya Muhammad al Islam, berikut ini 10 kriteria ideal seorang pemimpin menurut Islam.

Kriteria Pemimpin Ideal dalam Islam

1 Jujur, adil, dan bijaksana

"Setiap kalian adalah pemimpin dan akan bertanggung jawab atas kepemimpinannya." (HR. Muslim: 1829)

Dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah saw bersabda: "Ketahuilah bahwa setiap dari kalian adalah pemimpin dan setiap dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya, seorang pemimpin umat manusia adalah pemimpin bagi mereka dan ia bertanggung jawab dengan kepemimpinannya atas mereka." (HR. Abu Dawud: 2928)

Jujurlah dalam memimpin karena semua akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Tentu saja pengadilan Allah adalah yang teradil dari semua pengadilan, maka jadilah pemimpin yang jujur, adil dan bijaksana.

Menyuruh rakyat bertaqwa pada Allah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement