Senin 25 Dec 2023 15:57 WIB

Islam Melarang Wanita Mencukur Alis, Ini Dalilnya

Rasulullah melaknat pelakunya dan perbuatan ini termasuk dosa besar.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi merias wajah.
Foto:

Allah SWT berfirman:

هٰذَا خَلْقُ اللّٰهِ فَاَرُوْنِيْ مَاذَا خَلَقَ الَّذِيْنَ مِنْ دُوْنِهٖۗ بَلِ الظّٰلِمُوْنَ فِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ ࣖ

"Inilah ciptaan Allah, Maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sesembahan-sesembahan (mu) selain Allah." (QS. Luqman ayat 11)

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ وَيَخْتَارُ ۗمَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ ۗسُبْحٰنَ اللّٰهِ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

"Dan Rabbmu menciptakan apa yang dia kehendaki dan memilihnya. sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang persekutukan (dengan Dia)." (QS.Al-Qashash 68)

Allah menciptakan setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan sesuai dengan apa yang Dia kehendaki dan pada semua itu terdapat hikmah yang mendalam. Seperti misalnya perempuan yang Allah ciptakan baginya dua alis yang bersambung, maka tidak boleh baginya untuk mengubah ciptaan Allah dan perempuan yang lain Allah ciptakan baginya dua alis yang tebal. Dan khusus berkaitan dengan sebagian wanita yang keras kepala, engkau katakan kepadaku dia akan menipiskannya, mencukurnya atau mencabutnya sehingga akan berbentuk seperti hilal (bulan sabit), maka hal ini semua termasuk mengubah ciptaan Allah dan ini tidak diperbolehkan bahkan haram dan bahkan hal tersebut merupakan dosa besar karena Rasulullah bersabda:

لعن الله الواشمات والموتشمات والمتنمصات والمتفلجات للحسن المغيرات خلق الله

تعالى

"Allah melaknat wanita-wanita yang menato dan wanita-wanita yang minta ditato, wanita-wanita yang mencukur bulu alisnya, dan wanita-wanita yang merenggangkan giginya demi kecantikan yang mengubah ciptaan Allah."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement