Ahad 24 Dec 2023 17:01 WIB

Moderasi Beragama, Kisah Nabi Muhammad Bersikap Baik terhadap Non-Muslim

Nabi Muhammad mengajarkan pengikutnya menghormati penganut agama lain.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan yang menyemarakkan moderasi beragama.
Foto: Republika/Muhyiddin
Ilustrasi kegiatan yang menyemarakkan moderasi beragama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Umat Kristiani sedang bergembira dengan datangnya Natal 2023. Bagi mereka, Natal layaknya Hari Raya Idul Fitri di kalangan Muslim di mana merupakan hari yang membahagiakan. Rasulullah telah mencontohkan bagaimana sikap baik tetap harus diberikan kepada non Muslim walaupun mereka beda agama bahkan pernah menyakiti.

Oleh karena sudah sepatutnya umat Islam menghormati dan bersikap baik kepada non-Muslim. Di momen Natal, umat Islam dianjurkan ikut menjaga ketenangan dan ketertiban. 

Baca Juga

Ada banyak cerita Rasulullah tentang sikapnya kepada non Muslim yang bisa menjadi contoh. Sikap tersebut selalu sesuai dari zaman ke zaman.

Dalam buku 'Akhlak Nabi Muhammad Saw' karya Ahmad Muhammad al-Hufy, Rasulullah pernah menyelamatkan kekurangan pasokan gandum kaum Quraisy di Makkah. Hal tersebut terjadi saat Tsumamah bin Atsal tidak akan mengirimkan gandun dari Yamamah ke Makkah tanpa izin Rasulullah. Keputusan tersebut diambil ketika Tsumamah memeluk Islam.

Kaum Quraisy sering berlaku buruk kepada Rasulullah. Dan Rasulullah serta Tsumamah sejatinya bisa saja membalasnya dengan melarang pengiriman gandung ke penduduk Makkah dengan harapan kaum Quraisy akan berhenti mengganggu. Tetapi sikap Rasulullah sebaliknya mengizinkan Tsumamah tetap mengirimkan gandum.

Kisah hangat Rasulullah lainnya kepada Non-Muslim yakni ketika meninggalkan kabila Tsaqif. Saat itu ada lelaki memohon kepada Rasulullah:

"Ya Rasulullah, berdoalan untuk kebinasaan mereka".

Namun jawaban Rasulullah di luar dugaan. Ia justru menolak permintaan seorang laki-laki tersebut.

"Ya Allah, berilah petunjuk kepada Bani Tsaqif dan tuntun mereka ke jalan yang benar," kata Rasulullah menjawab permintaan seorang lelaki tersebut.

Dua contoh tersebut adalah sebagian kecil sikap luhut Rasulullah kepada non-Muslim. Maka sebagai umatnya sudah sepatutnya mengikuti jalan dan sikapnya agar perdamaian selalu terjaga di muka bumi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement