Kamis 21 Dec 2023 22:21 WIB

5 Fakta Menarik Seputar Sholat Subuh dalam Islam 

Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi), Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan
Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi), Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sholat Subuh adalah kewajiban ibadah dalam Islam yang dilaksanakan pada waktu fajar sebelum terbit matahari. Sholat ini termasuk salah satu dari lima waktu sholat harian yang diwajibkan bagi setiap Muslim. 

Pelaksanaan sholat Subuh memiliki nilai spiritual, ketenangan, dan menjadi cara untuk memulai hari dengan penuh keberkahan. Di samping itu, ada fakta-fakta menarik tentang sholat Subuh. Berikut lima fakta sholat Subuh: 

Baca Juga

1. Disaksikan malaikat 

Berdasarkan keterangan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: 

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ 

“¬Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat.” (HR Bukhari-Muslim).

Fakta sholat Subuh ini juga sebagaimana dijelaskan dalam Alquran, di mana Allah SWT berfirman:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

"Dirikanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh! Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS Al-Isra [17]: 78) 

2. Menghapus dosa dan mengangkat derajat 

Sholat Subuh juga dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat orang yang melaksanakannya. Hal ini sebagaimana keterangan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim sebagai berikut. Rasulullah SAW bersabda: 

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ، ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مَنْ بُيُوتِ اللهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللهِ، كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً، وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً 

“Barangsiapa yang bersuci dari rumahnya kemudian berjalan ke salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk menunaikan salah satu dari kewajiban-kewajiban yang Allah wajibkan, maka kedua langkahnya salah satunya akan menghapus dosa dan langkah yang lainnya akan mengangkat derajat.” (HR Muslim no 1553). 

Salah satu kewajiban yang dimaksud dalam hadits tersebut tentunya adalah sholat Subuh. Karena itu, sudah sepatutnya umat Islam melaksanakan sholat Subuh berjamaah dan tepat waktu. 

Baca juga: Ada 4 Bentuk Berpaling dari Alquran, Tanda-tandanya Beberapa Sudah Banyak Terjadi?

3. Rasulullah SAW tidak beranjak setelah sholat Subuh 

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, di mana Rasulullah SAW berdoa agar umatnya diberkahi di waktu pagi,

Mengingat besarnya keberkahan...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement