Rabu 20 Dec 2023 14:11 WIB

5 Keyakinan Muslim Tentang Nabi Isa AS

Nabi Isa AS adalah satu-satunya manusia yang lahir ke dunia melalui mukjizat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Isa dalam Islam.
Foto:

4. Turun ke Dunia Sebelum Hari Kiamat

Keyakinan sebagai seorang Muslim, yaitu Nabi Isa AS akan turun ke bumi lagi dari langit kedua di akhir zaman nanti. Untuk memastikan agama yang dibawa saudaranya, Nabi Muhammad SAW adalah agama yang haq.

Kemudian, Nabi Isa akan membunuh Dajjal dan memerintah menurut hukum Islam selama tujuh atau sembilan tahun, lalu menikah dengan seorang wanita Muslimah dari umat Islam.

Nabi Isa juga menunaikan haji, mengelilingi Ka'bah, dan ke Madinah, lalu wafat di sana. Nabi Isa dimakamkan di antara saudaranya, yakni Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Adapun terkait kembalinya Nabi Isa ke dunia sebelum hari kiamat, ada dalam Surat An Nisa ayat 159:

وَاِنْ مِّنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ اِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهٖ قَبْلَ مَوْتِهٖ ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكُوْنُ عَلَيْهِمْ شَهِيْدًاۚ

"Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka." (QS. An Nisa ayat 159)

Rasulullah SAW pun telah bersabda tentang kedatangan Nabi Isa AS ini, sebagai berikut:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا عَدْلاً، فَيَكْسِرَ الصَّلِيبَ، وَيَقْتُلَ الْخِنْزِيرَ، وَيَضَعَ الْجِزْيَةَ، وَيَفِيضَ الْمَالُ حَتَّى لاَ يَقْبَلَهُ أَحَدٌ، حَتَّى تَكُونَ السَّجْدَةُ الْوَاحِدَةُ خَيْرًا مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا.

"Demi Zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, akan segera turun kepada kalian (Nabi Isa) ibn Maryam sebagai hakim yang adil, dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah dan harta benda akan melimpah hingga tidak ada seorang pun yang mau menerima (sedekah), hingga pada masa itu satu kali sujud lebih baik daripada dunia dan isinya." (HR. Bukhari, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA)

Mukjizat khusus Nabi Isa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement