Rabu 20 Dec 2023 14:11 WIB

5 Keyakinan Muslim Tentang Nabi Isa AS

Nabi Isa AS adalah satu-satunya manusia yang lahir ke dunia melalui mukjizat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Isa dalam Islam.
Foto: Republika.co.id
Nabi Isa dalam Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Isa AS, putra Maryam, adalah satu-satunya manusia yang lahir ke dunia melalui mukjizat. Allah SWT menunjukkan kekuasaan-Nya menciptakan manusia dari seorang perempuan tanpa ayah.

Ada beberapa keyakinan umat Islam mengenai Nabi Isa AS. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga

Keyakinan Muslim tentang Nabi Isa

1. Nabi Isa Mengakui Allah adalah Tuhannya

Nabi Isa AS mengakui bahwa Allah adalah Tuhannya. Pengakuan Nabi Isa AS ini diabadikan dalam Alquran sebagai berikut:

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۗوَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ ۗاِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوٰىهُ النَّارُ ۗوَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

"Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, "Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, “Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu." (QS. Al Maidah ayat 72)

Begitu pun dalam Surat lain, yakni Surat At Taubah ayat 31:

اِتَّخَذُوْٓا اَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَالْمَسِيْحَ ابْنَ مَرْيَمَۚ وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوْٓا اِلٰهًا وَّاحِدًاۚ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ سُبْحٰنَهٗ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

"Mereka menjadikan orang-orang alim (Yahudi), dan rahib-rahibnya (Nasrani) sebagai tuhan selain Allah, dan (juga) Al-Masih putra Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada tuhan selain Dia. Mahasuci Dia dari apa yang mereka persekutukan." (QS. At Taubah ayat 31)

Nabi Isa mendapat nikmat kenabian...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement